Kardinal George Pell: di Penjara Saya Memaafkan para Penuduh Saya, Iman Membuat Saya Tetap Hidup

Isto Santos
Kardinal Australia George Pell (Foto: Istimewa).

Selama Anda di penjara, Anda menerima ribuan surat dukungan, apa pengaruhnya terhadap Anda?

"Mereka sangat membantu saya. Banyak yang jelas dari Australia, tetapi juga dari Amerika Serikat dan seluruh dunia. Juga dari Italia, Jerman, Inggris, Irlandia. Mereka sangat membantu dan menyemangati saya. Terkadang keluarga menulis kepada saya.

Seringkali mereka penuh dengan spiritualitas, terkadang teologi, terkadang budaya sejarah. Itu benar-benar surat yang membahas berbagai macam topik dan itu sangat membantu saya."

Apakah Anda terus percaya pada takdir saat di penjara?

"Ya, meski terkadang saya tidak mengerti apa yang dilakukan pemeliharaan Tuhan. Tetapi saya selalu percaya bahwa Tuhan ada di balik semua yang terjadi pada saya."

Apa yang telah 13bulan ini ajarkan kepada Anda sebagai anggota Gereja?

"Pentingnya ketekunan. Pentingnya hal-hal sederhana, seperti iman, pengampunan, penebusan penderitaan. Biasanya, ketika Anda tinggal di penjara Anda dipaksa untuk menghadapi masalah-masalah mendasar dalam hidup, hal-hal yang sederhana dan mendasar.

Ini juga terjadi pada saya, dan saya harus mengatakan bahwa syukur kepada Tuhan saya selamat."

Bisakah skandal pelecehan seksual menjadi kesempatan untuk pembaharuan Gereja?

"Itu pasti. Kita tidak bisa melanjutkan dengan nada yang sama. Ini adalah semacam kanker spiritual dan moral. Tampak bagi saya bahwa di sini di Australia kami telah bekerja dengan serius untuk memberantasnya, tetapi merupakan kewajiban bagi semua imam dan semua uskup di dunia untuk memastikan bahwa skandal ini tidak terjadi lagi.

Terlalu banyak penderitaan, terlalu banyak rasa sakit. Fenomena pelecehan di Gereja sekali lagi menunjukkan bahwa kita sering tidak mengikuti ajaran Yesus. Jika kita mengikuti perintah Dekalog, semua ini tidak akan terjadi."

Editor : Sefnat Besie

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network