Kardinal George Pell: di Penjara Saya Memaafkan para Penuduh Saya, Iman Membuat Saya Tetap Hidup

Isto Santos
Kardinal Australia George Pell (Foto: Istimewa).

VATIKAN, iNewsTTU.id- Kardinal Australia George Pell meninggal dunia setelah komplikasi jantung yang muncul setelah operasi pinggul yang telah lama direncanakan dan meninggal di usia 81 tahun pada Selasa malam (10/01/2023), sekitar jam 9 malam, di Roma.

Dalam sebuah wawancara dengan Vatican News, Kardinal Australia yang hari itu (08/06/2021) berusia 80 tahun mengenang kembali pengalamannya selama 13 bulan dipenjara, yang diceritakan dalam bukunya berjudul "Prison Journal".

Buku setebal 400 halaman ini mengumpulkan catatan yang menjadi catatan harian Kardinal antara 27 Februari hingga 13 Juli 2019, saat dia berada di penjara di Melbourne atas tuduhan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur, tuduhan yang membebaskannya sepenuhnya oleh putusan Pengadilan Tinggi pada April 2020.

Di Roma setelah diadili di Australia
Kardinal George Pell yang menderita masalah jantung selama beberapa waktu dan telah ditanamkan alat pacu jantung sejak 2010 - telah kembali ke Roma pada 2020, dua tahun setelah persidangannya di Australia atas tuduhan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur pada 1990-an.

Pada Juni 2017, Kardinal telah diserahkan untuk diadili dan dikembalikan ke negaranya untuk diadili dan Paus Fransiskus telah memberinya cuti untuk dapat membela diri terhadap tuduhan tersebut.

Setelah sidang yudisial yang panjang, Pengadilan Wilayah Negara Bagian Victoria telah memerintahkan penangkapan Kardinal Pell, mencabut jaminan yang diberikan kepadanya setelah dakwaannya pada Desember 2018.

Dihukum pada Maret 2019 dengan hukuman penjara 6 tahun, Mahkamah Agung Australia, mengingat banyaknya cacat formal dalam prosedur persidangan yang dikemukakan oleh Hakim Mark Weinberg, mengakui permintaan banding yang diajukan oleh pengacara Pell.

Selanjutnya, Kardinal dibebaskan sepenuhnya oleh putusan Pengadilan Tinggi pada April 2020. Putusan itu disambut baik oleh Tahta Suci Vatikan.

"Itu membantu saya untuk menjalani penderitaan saya dengan menghubungkannya dengan penderitaan Yesus. Saya selalu percaya bahwa Tuhan ada di balik semua yang terjadi pada saya", ujarnya.

Kardinal George Pell, Prefek Emeritus Sekretariat Ekonomi, telah bebas selama empat belas bulan. Hari ini, 8 Juni 2021, dia bisa merayakan ulang tahunnya yang kedelapan puluh di negara asalnya, Australia.

Vatican News menghubunginya melalui telepon pada saat dia melakukan isolasi mandiri karena alasan kesehatan terkait Covid. Percakapan tersebut terjadi saat Cantagalli Publishing House merilis "Prison Journal", Volume I dalam bahasa Italia.

Simak hasil wawancara dengan Kardinal George Pell berikut:

Pernahkah Anda membayangkan bahwa hidup Anda mencakup pengalaman penjara?

"Tidak, tentu saja tidak! Saya tidak akan pernah berpikir begitu. Saya berjuang keras untuk tidak melakukannya, tetapi sayangnya tidak berhasil. Itu adalah kombinasi dari keadaan, kebohongan dan penipuan, tetapi akhirnya pembebasan saya datang, terima kasih kepada Mahkamah Agung."

Mengapa Anda menyimpan buku harian 13 bulan penjara Anda?

"Untuk banyak alasan. Saya pikir itu mungkin berguna bagi mereka yang berada dalam kesulitan, bagi mereka yang sedang mengalami masa penderitaan, seperti saya.

Kemudian saya berpikir bahwa membuat buku harian akan menarik dari sudut pandang sejarah, karena tidak banyak kardinal yang memiliki pengalaman di penjara.

Tetapi juga karena saya telah menemukan bahwa banyak tahanan telah mendedikasikan diri mereka untuk menulis, mulai di lingkungan Katolik dengan St. Paulus. Menulis saat Anda berada di penjara adalah terapi yang baik."

Seberapa banyak doa telah membantu Anda mengatasi penghinaan dan ketidaknyamanan penjara?

"Saya harus mengatakan bahwa iman dan doa adalah fundamental; mereka membantu saya untuk sepenuhnya mengubah perspektif selama hari-hari penahanan itu.

Hari ini saya memberi tahu semua orang, dengan menggunakan ungkapan bahasa Inggris, bahwa di penjara saya telah mendapat konfirmasi bahwa 'paket Kristen berhasil.

Pengalaman saya menunjukkan betapa ajaran Gereja membantu kita, betapa banyak membantu berdoa dan mencari rahmat Tuhan. Terutama ketika kita memahami bahwa kita dapat menjalani penderitaan pribadi kita untuk kebaikan yang lebih besar, bahwa kita dapat menghubungkan penderitaan kita dengan penderitaan Yesus.

Sebagai orang Kristen, kita tahu bahwa kita telah ditebus oleh sengsara dan kematian Anak Allah. Menjalani ajaran tentang nilai penderitaan ini benar-benar mengubah segalanya ketika Anda menemukan diri Anda dalam situasi seperti saya."

Selama masa pemenjaraan Anda, bagaimana hubungan Anda dengan narapidana lainnya? Anda menulis bahwa Anda "merasakan" penderitaan mereka.

"Saya berada di sel isolasi untuk memastikan perlindungan pribadi saya. Saya tidak pernah melihat sebelas tahanan lain yang bersama saya di bagian yang sama.

Hanya selama empat bulan terakhir penahanan saya, saya dapat bertemu dengan tiga tahanan lain dan berbicara dengan mereka. Tetapi seringkali saya hanya bisa mendengar kemarahan, kesedihan, sesama tahanan, tanpa memiliki hubungan pribadi."

Dalam catatan harian Anda, Anda mengatakan bahwa Anda sering mendengarkan doa-doa para tahanan Muslim dari sel Anda. Bagaimana rasanya berdoa sambil mendengarkan doa-doa itu?

"Bagi saya hanya ada satu Tuhan, kami monoteis. Konsepsi teologis orang Kristen dan Muslim jelas berbeda, tetapi kita semua berdoa dengan cara yang berbeda kepada Tuhan yang sama. Tidak ada Tuhan umat Islam, Kristen atau agama lain, hanya ada satu Tuhan."

Dalam buku harian Anda, Anda menulis bahwa setiap hari di penjara Anda memaafkan, memberkati, dan berdoa untuk para penuduh Anda. Apakah sulit untuk memaafkan mereka?

"Harus saya akui bahwa terkadang itu sulit. Tapi begitu saya membuat keputusan untuk memaafkan, semuanya mengikuti. Bagi saya, tidak terlalu sulit untuk memaafkan orang yang menuduh saya.

Saya tahu bahwa dia adalah orang yang telah menderita dan berada dalam kebingungan besar dan entah apa lagi."

Selama Anda di penjara, Anda menerima ribuan surat dukungan, apa pengaruhnya terhadap Anda?

"Mereka sangat membantu saya. Banyak yang jelas dari Australia, tetapi juga dari Amerika Serikat dan seluruh dunia. Juga dari Italia, Jerman, Inggris, Irlandia. Mereka sangat membantu dan menyemangati saya. Terkadang keluarga menulis kepada saya.

Seringkali mereka penuh dengan spiritualitas, terkadang teologi, terkadang budaya sejarah. Itu benar-benar surat yang membahas berbagai macam topik dan itu sangat membantu saya."

Apakah Anda terus percaya pada takdir saat di penjara?

"Ya, meski terkadang saya tidak mengerti apa yang dilakukan pemeliharaan Tuhan. Tetapi saya selalu percaya bahwa Tuhan ada di balik semua yang terjadi pada saya."

Apa yang telah 13bulan ini ajarkan kepada Anda sebagai anggota Gereja?

"Pentingnya ketekunan. Pentingnya hal-hal sederhana, seperti iman, pengampunan, penebusan penderitaan. Biasanya, ketika Anda tinggal di penjara Anda dipaksa untuk menghadapi masalah-masalah mendasar dalam hidup, hal-hal yang sederhana dan mendasar.

Ini juga terjadi pada saya, dan saya harus mengatakan bahwa syukur kepada Tuhan saya selamat."

Bisakah skandal pelecehan seksual menjadi kesempatan untuk pembaharuan Gereja?

"Itu pasti. Kita tidak bisa melanjutkan dengan nada yang sama. Ini adalah semacam kanker spiritual dan moral. Tampak bagi saya bahwa di sini di Australia kami telah bekerja dengan serius untuk memberantasnya, tetapi merupakan kewajiban bagi semua imam dan semua uskup di dunia untuk memastikan bahwa skandal ini tidak terjadi lagi.

Terlalu banyak penderitaan, terlalu banyak rasa sakit. Fenomena pelecehan di Gereja sekali lagi menunjukkan bahwa kita sering tidak mengikuti ajaran Yesus. Jika kita mengikuti perintah Dekalog, semua ini tidak akan terjadi."

Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network