get app
inews
Aa Read Next : PKB Tetapkan Agustinus Siki Sebagai Wakil Ketua II DPRD Kabupaten TTU Periode 2024-2029

Tim Kesehatan Satgas Yonarhanud siap Beri Layanan 24 Jam untuk Warga Perbatasan

Sabtu, 28 September 2024 | 06:52 WIB
header img
Tim Kesehatan Satgas Yonarhanud saat beri layanan kesehatan kepada lansia Warga Perbatasan. Foto iNewsTTU.id/Sefnat Besie

KEFAMENANU, iNewsTTU.id – Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yon Arhanud 15/DBY Pos Haumeniana melakukan kegiatan pengobatan gratis untuk masyarakat Desa Sungkaen, Kecamatan Biboki Nilulat, Kabupaten Timor Tengah Utara NTT yang mengalami berbagai keluhan kesehatan. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengamanan perbatasan RI-RDTL yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan.

Kegiatan pemeriksaan dan pengobatan ini dilaksanakan oleh tim medis Satgas yang selalu siap memberikan pelayanan kepada warga setiap bulan. 

Dalam pelaksanaannya, tim medis mendapati berbagai macam keluhan penyakit, mayoritas berasal dari para lansia, termasuk masalah asam lambung, asam urat, diare, demam, dan stroke.

Serda Joni S. Butar-butar, Wadan Pos Haumeniana, menjelaskan bahwa selain memberikan pengobatan, tim medis juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pola makan yang sehat, pentingnya mengkonsumsi air putih, serta memanfaatkan apotik hidup di sekitar rumah sebagai alternatif obat herbal.

“Satgas mengingatkan kepada seluruh masyarakat di seputaran perbatasan bahwa mereka dapat menghubungi pos Satgas terdekat atau langsung ke tim medis kami jika mengalami keluhan kesehatan. Kami siap memberikan pelayanan kapan saja,” ujar Serda Joni.

Warga setempat sangat antusias dan berterima kasih atas pelayanan yang diberikan oleh Satgas. Salah satu pasien, Mia Lake, mengungkapkan rasa senangnya setelah menerima vitamin penambah stamina dari dokter Satgas.

 “Saya merasa lebih bersemangat untuk bekerja dan memenuhi kebutuhan hidup setelah mendapatkan bantuan ini,” katanya.

Kegiatan ini menunjukkan komitmen Satgas Pamtas untuk tidak hanya menjaga keamanan di perbatasan, tetapi juga berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah mereka bertugas.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut