get app
inews
Aa Read Next : Thoby Uly minta Bacabup dan Bawacabup Sabu Raijua Profesional

Termasuk NTT, Ini 4 Daerah di Indonesia yang masih Percaya adanya Animisme

Rabu, 17 April 2024 | 19:19 WIB
header img
Termasuk NTT, Ini 4 Daerah di Indonesia yang masih Percaya adanya Animisme. Foto: ilustrasi


KUPANG, iNewsTTU.id--Animisme adalah sebuah kepercayaan atau pandangan dunia yang mempercayai bahwa segala objek, baik hidup maupun mati, memiliki jiwa, semangat, atau kekuatan spiritual. Dalam kepercayaan animisme, alam semesta dihuni oleh berbagai entitas spiritual, seperti roh-roh alam, roh nenek moyang, atau roh-roh dari objek alam tertentu seperti gunung, sungai, atau pohon.

Penganut animisme percaya bahwa hubungan antara manusia dan alam semesta tidak hanya bersifat fisik, tetapi juga bersifat spiritual. Mereka meyakini bahwa setiap tindakan manusia, baik yang dilakukan terhadap alam maupun sesama manusia, dapat memiliki dampak spiritual yang besar.

Kepercayaan animisme sering kali terwujud dalam berbagai praktik keagamaan, seperti upacara adat, persembahan kepada roh-roh, atau ritual-ritual yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan antara manusia dan alam semesta. Meskipun animisme sering kali dikaitkan dengan kepercayaan tradisional di banyak budaya di seluruh dunia, namun konsep animisme juga bisa ditemukan dalam beberapa agama resmi seperti agama-agama suku bangsa di Indonesia.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut