get app
inews
Aa Read Next : Warga Serahkan Senjata Flintlock Milik Eks Pejuang Timor-Timur ke Komandan Satgas Sektor Barat

TMMD ke 119, Sentuhan Kasih TNI untuk Kaum Terpencil di Timor Tengah Utara

Sabtu, 23 Maret 2024 | 08:22 WIB
header img
Bangunan sederhana SMK Negeri Feotleu sebelum dan sesudah dibangun kembali oleh TNI dalam Program TMMD ke-119 di Desa Makun, Kecamatan Biboki Feotleu, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT. Foto: istimewa

Dandim 1618 Timor Tengah Utara, Letkol Arm Laode Irwan Halim menjelaskan, kehadirannya bersama ratusan prajurit di Desa Makun untuk mengejar ketertinggalan pembangunan melalui Program TMMD.

"Hari ini adalah pembukaan TMMD reguler ke-119, dengan sasaran pembangunan 5 ruang kelas baru di SMK Negeri Feotleu,"ujar Mantan Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL sektor Barat.

Hari itu, Jarum jam menunjukan pukul 11.00 wita, Upacara pembukaan TMMD di Desa Makun pun berlangsung meriah, warga berbondong-bongong memadati lokasi pembukaan TMMD, tak berselang lama, Bupati TTU David Juandi menabuh Gong TMMD pertanda dengan resmi Program TNI Manunggal Membangun Desa segera dimulai.

Usai pelaksanaan Upacara itu, sebanyak 150 prajurit ‘menyerbu’ bangunan reot itu dan meratakannya dengan tanah, sekaligus membersihkan lokasi itu dari puing-puing agar segera dimulai dengan pekerjaan awal penggalian pondasi sepanjang 40x8 meter.

 


Hemat Anggaran, Bupati TTU Apresiasi Program TMMD
 


Bupati TTU, David Juandi saat Menabuh Gong saat Pembukaan TMMD ke-119 di desa Makun. Foto: iNewsTTU.id/Sefnat


 

Kabupaten Timor Tengah Utara adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur, (NTT) memiliki wilayah sangat luas, luasnya wilayah ini bahkan berbatasan darat langsung dengan wilayah Distrik Oekusi, Negara Timor Leste yakni sepanjang 114,90 KM yang terbentang dari Wini hingga Aplal Kecamatan Mutis.

Kabupaten ini terdiri atas 24 kecamatan dan 198 Desa dan Kelurahan dengan Luas wilayah adalah 2.669,70 km² dengan jumlah penduduk sekitar 259.829 jiwa.

Luasnya wilayah ini bahkan sebagian besar kawasan pedalaman belum tersentuh pembangunan secara merata, salah satu wilayah yang masih terpencil seperti Desa Makun yang berada dalam wilayah Kecamatan Biboki Feotleu.

Jika mau dihitung dengan jari, bangunan permanen di Kecamatan ini terbilang langka, sebab hanya ada beberapa Gedung Permanen yakni Kantor Camat Biboki Feotleu, 6 unit Sekolah Dasar, (SD) dan satu Sekolah Menengah Pertama, (SMP) sedangkan selebihnya bangunannya sangat memprihatinkan termasuk SMK Negeri Feotleu.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut