get app
inews
Aa Read Next : Resmob Naga Merah Polres TTU Tangkap Pria Bikomi Utara Diduga Setubuhi Anak 9 Tahun

Kasat Lantas Polres TTU Beri 10 Tips Aman Berkendara di Tengah Cuaca Ekstrem

Selasa, 12 Maret 2024 | 17:27 WIB
header img
Waspadai saat berkendara di tengah cuaca eksrem (Foto: iNewsTTU.id/Isto Santos).

KEFAMENANU, iNewsTTU.id - Cuaca ekstrem akhir-akhir ini melanda sejumlah Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), termasuk Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), yang mengalami hujan dengan intensitas sedang sampai lebat yang disertai petir.

Cuaca eksrem ini dikabarkan akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan.

Belum lama ini (11/03/24) malam, di jalan menuju Wini, Desa Sunsea, Kecamatan Naibenu, Kabupaten TTU, terjadi tanah longsor yang menutupi ruas jalan sehingga pengendara tidak bisa melintas.

Kapolres TTU, AKBP Mohammad Mukhson melalui Kasat Lantas, Iptu Rahmat Agus Ibrahim, menjelaskan bahwa diperlukan kewaspadaan ekstra saat berkendara di jalan dalam kondisi hujan agar perjalanan aman dan lancar sampai ke tujuan.

"Mari jadikan jalan tempat yang aman untuk berkendara," ajak Iptu Rahmat, Selasa (12/03/2024).

Berikut 10 tips berkendara aman yang disarankan oleh Kasat Lantas Polres TTU, Iptu Rahmat Agus Ibrahim:

1. Periksa dan Pastikan Seluruh Sistem Kendaraan dalam Kondisi Baik
Melakukan pemeriksaan berkala diperlukan agar komponen yang aus atau rusak dapat dibersihkan atau diganti dengan komponen yang baru.

Dengan kondisi kendaraan yang prima, pengalaman berkendara akan lebih nyaman terlepas dari kondisi cuaca yang sedang terjadi.

2. Perlahan-lahan dan Hindari Manuver Tiba-tiba
Saat hujan turun, permukaan jalan menjadi licin, mengurangi cengkeraman antara ban dan jalan. Untuk menghindari kehilangan kendali, hindari manuver tiba-tiba seperti pengereman mendadak atau akselerasi yang cepat.

3. Gunakan Lampu Kendaraan dengan Tepat
Cuaca yang buruk mengurangi visibilitas pengemudi terhadap keadaan sekitar. Pastikan penggunaan lampu kendaraan yang tepat untuk melihat jalan dengan jelas dan agar kendaraan Anda terlihat oleh pengemudi lain.

4. Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain
Jarak antara kendaraan adalah kunci keselamatan, baik dalam cuaca hujan maupun tidak. Ini memberikan waktu reaksi yang lebih baik dalam situasi darurat.

5. Hindari Daerah Genangan Air
Hujan lebat dapat membentuk genangan air di beberapa ruas jalan, terutama jika jalan tersebut berlubang atau tidak rata. Hindari daerah tersebut dengan kecepatan rendah agar kendaraan tetap terkendali.

6. Waspadai Aquaplaning
Aquaplaning atau hydroplaning terjadi ketika lapisan air di atas permukaan jalan membuat ban kendaraan kehilangan cengkeraman dengan jalan.

Hindari hal ini dengan berkendara dengan kecepatan rendah dan memastikan alur ban dalam kondisi baik.

7. Selalu Gunakan Sabuk Pengaman
Keselamatan adalah prioritas utama dalam berkendara. Penggunaan sabuk pengaman mobil dapat mengurangi risiko cedera serius dalam kecelakaan.

8. Memilih Jas Hujan yang Tepat
Bagi pengendara sepeda motor, penting untuk memilih jas hujan, baju, dan celana yang aman untuk digunakan dalam kondisi hujan.

9. Tindakan Saat Kendaraan Terjebak Banjir
Ketika banjir seringkali ditemukan beberapa kendaraan mogok karena air masuk ke dalam saluran pembuangan gas. Untuk itu, hindari menyalakan mesin kembali karena risiko korsleting yang dapat menyebabkan kebakaran. Dorong kendaraan ke tempat yang lebih aman.

10. Patuhi Aturan Berlalu Lintas
Pemahaman yang benar tentang aturan berlalu lintas dan keselamatan akan membuat pengendara merasa aman dan nyaman secara psikologis, mengurangi risiko kecelakaan.

Pastikan Anda mengingat sejumlah tips di atas demi keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut