get app
inews
Aa Read Next : Meski di Tengah Gempuran, Pembangunan Dermaga di Gaza Hampir Selesai

Kocak! Israel Racuni Hamas dengan Gas, Eh yang Tewas Malah 3 Tentaranya Sendiri

Selasa, 23 Januari 2024 | 10:49 WIB
header img
3 prajurit Israel tewas diracun oleh pasukan Israel sendiri di terowongan. Foto: X @Jonathan_K_Cook

GAZA, iNewsTTU.id - Tindakan tentara Israel di Gaza terbilang kocak. Pasukan zionis berusaha membunuh pejuang Hamas dengan melemparkan gas beracun di sebuah terowongan di Jabaliya, Gaza utara.

Pasukan Israel tidak berani masuk ke dalam terowongan, karena jika berperang di terowongan mereka bakal mati. 

Biasanya, tentara Israel melepaskan anjing pelacak untuk masuk ke dalam terowongan, setelah dirasakan aman, baru mereka berani masuk. Itupun tidak ke dalam terowongan, hanya beberapa meter dari mulut terowongan.

Nah, ketika pasukan zionis menemukan terowongan di Jabaliyah, Gaza utara, mereka melemparkan gas beracun ke dalam terowongan.

Setelah menunggu beberapa saat, pasukan Israel lalu masuk ke dalam terowongan. Apa yang terjadi? Tentara Israel kaget bukan kepalang, karena yang mereka temukan tewas di dalam terowongan adalah prajurit Ron Sherman, Nick Beiser, dan satu lagi tidak diungkap identitasnya. 

Yang ketiga, menurut klaim surat kabar Haaretz, sebenarnya adalah warga sipil, meskipun klaim itu tidak dapat diverifikasi. Namun, dia diyakini tentara Israel juga.

Serangan racun yang menewaskan tentara Israel sendiri ini, terjadi pada 14 Desember, namun baru terungkap setelah ibu dari salah satu tentara—yang merupakan dokter hewan—memprotes penyebab kematian putranya. 

"Sekitar sebulan setelah penemuan mayat-mayat tersebut, militer memberikan laporan patologi kepada keluarga mereka dan laporan tentang bagaimana mayat tersebut ditemukan,” tulis Haaretz dalam laporannya.

"Yang menimbulkan pertanyaan sulit dan meresahkan, memerlukan penjelasan dan paparan publik," lanjut laporan itu, yang dilansir Palestine Chronicle, Selasa (23/1/2024). 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut