get app
inews
Aa Read Next : PPATK Temukan 168 Juta Transaksi Judi Online Total Dana Capai Rp327 Triliun, Anda Termasuk?

Ada 5 Mata uang di Dunia yang Sering Digunakan Dalam Transaksi

Minggu, 08 Oktober 2023 | 11:12 WIB
header img
Ilustrasi miliarder (foto/ist)

Meski dolar AS masih merajai penggunaan mata uang di dunia, pelan tapi pasti nilainya terus menyusut. Di tahun 1999 cadangan dolar bank sentral di seluruh dunia di atas 70%, kini mengempis menjadi 59%.

2. Euro Mata uang Benua Biru menduduki posisi nomor dua. Berdasarkan data IMF, euro menjadi cadangan mata uang bank sentral di dunia sebesar 19,8%. Nilai perdagangan euro per hari rata-rata sebesar USD1,1 triliun.

3. Yen Mata uang Jepang cukup mengagumkan lantaran menduduki posisi ketiga sebagai mata uang yang paling banyak digunakan di dunia. Yen menjadi cadangan sejumlah bank sentral di dunia dengan angka 5,5%. Di pasar keuangan global, volume rata-rata perdagangan harian yen USD554 miliar.

4. Poundsterling Mata uang Inggris ini berada di posisi keempat sebagai mata uang paling banyak digunakan di dunia. Cadangan poundsterling di seluruh bank sentral dunia mencapai 4,9%. Di pasar keuangan nilai transaksi harian poundsterling hampir USD422 miliar.

5. Yuan Yuan menempati posisi ke-5 sebagai mata uang paling banyak digunakan di dunia. Mata uang China ini yang tersimpan di bank sentral di dunia sebesar 2,6%. Namun di pasar keuangan, posisi Yuan berada di urutan delapan di bawah dolar Australia, Kanada, dan franc Swiss.

Itulah 5 jenis mata uang di dunia yang paling banyak digunakan dalam transaksi.

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut