get app
inews
Aa Read Next : PPATK Temukan 168 Juta Transaksi Judi Online Total Dana Capai Rp327 Triliun, Anda Termasuk?

Ada 5 Mata uang di Dunia yang Sering Digunakan Dalam Transaksi

Minggu, 08 Oktober 2023 | 11:12 WIB
header img
Ilustrasi miliarder (foto/ist)


JAKARTA, iNewsTTU.id - Ada lima jenis mata uang di dunia yang paling banyak digunakan saat transaski.

Berdasarkan data IMF, pada kuratal I-2023 sejumlah bank sentral di dunia menyimpan sekitar 59% cadangan mereka dalam dolar AS, baik berbentuk tunai maupun obligasi atau treasury AS.

IG International--penyedia perdagangan online terkemuka di dunia yang merupakan bagian dari IG Group--mengungkap rata-rata harian perdagangan dolar AS global mencapai USD2,9 triliun.

Besarnya nilai perdagangan dolar AS itu menandakan bahwa mata uang ini sangat dibutuhkan untuk berbagai kepentingan banyak negara.

Mulai dari sebagai alat pembayaran untuk perdagangan internasional hingga menjaga kurs mata uang mereka. Ada banyak faktor yang membuat greenback menjadi mata uang yang paling banyak digunakan di dunia.

Pertama, AS merupakan negara terbesar dan terkuat di dunia dalam bidang ekonomi, teknologi, dan militer. PDB Amerika mencapai USD25,46 triliun. Angka itu setara 25,31% dari total PDB dunia yang sebesar USD100,56 triliun.

Fakta tersebut, membuat banyak negara memercayai stabilitas dan kekuatan ekonomi Negeri Paman Sam, serta menggunakan dolar sebagai patokan nilai tukar. Selain dolar AS, masih ada beberapa mata uang yang juga banyak digunakan di dunia.

Berdasarkan data IMF dan juga rekaman perdagangan IG Internasional, berikut adalah urutan mata uang yang paling banyak digunakan di dunia:

1. Dolar AS Seperti yang sudah disebutkan di atas, greenback adalah mata uang yang paling banyak disimpan sejumlah bank sentral di dunia. Angkanya mencapai 59%. Setiap hari, nilai perdagangan dolar AS mencapai USD2,9 triliun. Jika dirupiahkan menembus Rp43.500 triliun (kurs Rp15.000).

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut