get app
inews
Aa Read Next : Tragis, Turis Spanyol Digilir Belasan Pria, yang lain Antri Sambil Nonton

Ini Dia, Satu-Satunya Negara di Dunia Luncurkan Pesawat Luar Angkasa Observasi Matahari

Jum'at, 01 September 2023 | 06:54 WIB
header img
Ini Dia, Satu-Satunya Negara di Dunia Luncurkan Pesawat Luar Angkasa Observasi Matahari. Foto: Ist


JAKARTA, iNewsTTU.id - Matahari terdiri dari plasma panas yang mencapai suhu jutaan derajat Celsius di intinya. Proses fusi nuklir di inti matahari mengubah hidrogen menjadi helium dan melepaskan energi dalam bentuk panas dan cahaya.

Meski diketahui suhu matahari mencapai suhu jutaan derajat Celsius, namun ada saja negara di Dunia yang akan mempelajari matahari dalam waktu dekat ini.

Negara tersebut adalah India. negara ini akan meluncurkan pesawat luar angkasa pertama untuk mempelajari Matahari.

Pesawat dijadwalkan terbang ke luar angkasa dalam waktu dekat. Observatorium surya Aditya-L1 dijadwalkan terbang pada Sabtu (2/9/2023). Rencana tersebut langsung diumumkan oleh organisasi penelitian luar angkasa India (ISRO).

Sukses Mendarat di Bulan, India Kini Ingin Pelajari Matahari dengan Meluncurkan Aditya-L1 Pesawat luar angkasa akan lepas landas di atas kendaraan peluncur satelit kutub dari Satish Dhawan Space Centre, tak jauh dari pantai timur India.

Aditya-L1 awalnya akan menuju ke orbit rendah Bumi, di mana berbagai sistemnya akan mendapat pemeriksaan di luar angkasa dari tim misi.

Jika semuanya baik-baik saja, pesawat luar angkasa secara bertahap akan mengendur hingga pada akhirnya terbebas dari tarikan gravitasi Bumi.

Setelah terbebas dari cengkraman Bumi, Aditya-L1 akan menuju ke Bumi-Matahari Lagrange Point 1, tempat yang gravitasinya stabil sekitar 1 juta mil jauhnya.

"Sebuah satelit yang ditempatkan pada orbit halo di sekitar titik L1 memiliki keuntungan besar karena dapat terus mengamati Matahari tanpa adanya okultasi/gerhana," tulis pejabat ISRO.

Misi akan memberikan keuntungan lebih besar dalam mengamati aktivitas Matahari dan pengaruhnya terhadap cuaca di luar angkasa secara realm-time, sebagaimana dikutip dari Space.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut