get app
inews
Aa Read Next : Pemuda Kupang Terancam 7 Tahun Penjara Usai Tertangkap CCTV Mencuri Rokok

Program ENVISION Berhasil Berdayakan 12.440 Perempuan dan Pemuda Desa di Nusa Tenggara Timur

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 12:27 WIB
header img
Direktur Nasional Wahana Visi Indonesia, Angelina Theodora dan Project Manager ENVISION Wahana Visi Indonesia NTT, Fernando Da Gomez. Foto : iNewsTTU.id/ Rudy Rihi Tugu

KUPANG,iNewsTTU.id – 50 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Nusa Tenggara Timur (NTT) berterima kasih kepada Uni Eropa, Wahana Visi Indonesia (WVI) dan Yayasan Alfa Omega (YAO) atas dukungannya melalui proyek empat puluh dua bulan, “Enabling Civil Society for Inclusive Village Pembangunan Ekonomi (ENVISION)”. Proyek ini dimulai pada bulan Maret 2020 dan dilaksanakan di Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Kabupaten Kupang. Proyek ini bertujuan untuk mendorong keterlibatan perempuan dan pemuda dalam pengelolaan BUMDes sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Dukungan dari proyek tersebut memberi manfaat kepada 61.075 orang, dengan 12.440 perempuan dan pemuda sebagai penerima manfaat langsung.


Hasil usaha Bumdes pada pameran yang di selenggarakan Wahana Visi Indonesia, Yayasan Alfa Omega dan stakelholder lainnya. Foto : iNewsTTU.id/ Rudy Rihi Tugu

Terlepas dari tantangan besar dalam pelaksanaan proyek yang disebabkan oleh Covid-19 dan Siklon Tropis Seroja, ENVISION bersama dengan organisasi masyarakat sipil (OMS) lokal – Bengkel Appek, Yayasan Sanggar Suara Perempuan Timor Tengah Selatan, dan Yayasan Injiwatu Sumba – memberikan serangkaian pelatihan kepada forum BUMDes, perempuan dan kelompok pemuda, dan OMS lokal. Forum yang diresmikan melalui Surat Keputusan Bupati ini menjadi wadah bagi OMS, BUMDes, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya untuk membahas tantangan pembangunan ekonomi daerah dan solusi operasional BUMDes. OMS dan BUMDes juga memanfaatkan forum ini sebagai platform berbagi pengetahuan.

ENVISION berhasil membantu 42 BUMDes memiliki setidaknya 20% keterwakilan perempuan di tingkat manajemen; 38 BUMDes memperoleh sertifikat badan hukum untuk mengelola bisnis dan asetnya; 30 BUMDes mendapat tambahan dana minimal 5% dari dana desa; dan 67 dari 250 fasilitator desa terpilih menjadi tokoh Gender Equality and Social Inclusion (GESI). Para tokoh ini secara aktif mendorong partisipasi kelompok perempuan dan pemuda dalam pertemuan desa.

"Kami berharap pemerintah daerah dan OMS lokal yang telah dilatih akan terus mendukung forum OMS dan BUMDes ketika ENVISION berakhir. Kami juga percaya bahwa tokoh GESI yang telah dilatih akan terus memberdayakan kelompok perempuan dan pemuda untuk lebih aktif dalam pertemuan forum dan kegiatan desa lainnya. BUMDes ini membutuhkan dukungan berkelanjutan seperti pelatihan terkait pengembangan usaha dan integrasi ke dalam platform online dari pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait, untuk mengembangkan bisnis mereka dan berkolaborasi dengan perusahaan bisnis eksternal termasuk lembaga keuangan,” ujar Angelina Theodora, Direktur Nasional WVI.

 " Kami mengapresiasi Wahana Visi Indonesia dan Yayasan Alfa Omega atas kontribusinya dalam membantu BUMDes berbadan hukum. Selain itu, saya juga melihat kapasitas kader binaan ENVISION sangat meningkat. Ini terlihat dari keberanian mereka berbicara di forum desa,” ujar Drs. Adityawarman Darudono, Direktur Perencanaan Teknis Pembangunan Ekonomi dan Investasi Kementerian Desa.

Sementara itu Viktorius Manek, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi NTT menambahkan, “Kami merekomendasikan empat poin utama bagi BUMDes untuk mengembangkan usahanya di desa, antara lain mengoptimalkan potensi desa, menemukan orang yang tepat untuk mengelola BUMDes, memiliki visi dan rencana aksi yang jelas, dan menemukan mekanisme yang tepat untuk mengoperasikan bisnis. Kami berharap langkah-langkah kunci ini akan membawa BUMDes untuk berperan sebagai off taker dan pelopor pemberdayaan ekonomi masyarakat di desa.” ujarnya.

Sedangkan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Vincent Piket menyampaikan kesetaraan sosial merupakan mimpi besar dari Uni Eropa baik di Indonesia maupun di Eropa.

"Kesetaraan gender dan inklusi sosial, juga penyandang disabilitas, sangat penting bagi komunitas mana pun, di Indonesia maupun di Eropa. Itulah sebabnya Uni Eropa bekerja sama dengan komunitas lokal di Indonesia untuk tujuan ini. Saya senang melihat bagaimana proyek ENVISION yang didanai Uni Eropa telah mendukung 50 BUMDes untuk pemberdayaan ekonomi perempuan dan pemuda desa. Ini terobosan yang akan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat desa di NTT," ujar Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Vincent Piket.

 ENVISION mengadakan acara selama dua hari pada tanggal 10-11 Agustus 2023 untuk menutup proyek. Diakhiri dengan talk show penuh informasi yang menampilkan hasil proyek, kisah sukses dan praktik baik, serta memberikan rekomendasi kebijakan kepada Kementerian terkait berdasarkan umpan balik dari implementasi peraturan di tingkat desa.

 Diharapkan pengalaman dan praktik baik yang dikumpulkan dari proyek ENVISION dapat menjadi inspirasi untuk BUMDes lainnya, terutama dalam mewujudkan pembangunan desa yang inklusif, memastikan tidak ada yang tertinggal.

Uni Eropa (UE) sendiri adalah persatuan ekonomi dan politik dari 27 Negara Anggota dengan populasi sekitar 470 juta jiwa. Bersama-sama, UE telah membangun zona stabilitas, demokrasi, dan pembangunan berkelanjutan sambil tetap menjaga keberagaman budaya, toleransi, dan kebebasan individu. Pada tahun 2012, UE dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian atas peranannya dalam memajukan tujuan perdamaian, rekonsiliasi, demokrasi, dan hak asasi manusia di Eropa. UE merupakan blok perdagangan terbesar di dunia, serta sumber dan tujuan investasi langsung asing terbesar di dunia. Secara kolektif, UE dan Negara Anggotanya adalah penyumbang terbesar Bantuan Pembangunan Resmi (ODA), menyediakan lebih dari setengah ODA secara global. 

 27 Negara Anggota UE (urutan protokol) adalah: Belgia, Bulgaria, Republik Ceko, Denmark, Jerman, Estonia, Irlandia, Yunani, Spanyol, Prancis, Kroasia, Italia, Siprus, Latvia, Lituania, Luksemburg, Hungaria, Malta, Belanda, Austria, Polandia, Portugal, Rumania, Slovenia, Slovakia, Finlandia, dan Swedia. (*)

 

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut