get app
inews
Aa Read Next : Warga Serahkan Senjata Flintlock Milik Eks Pejuang Timor-Timur ke Komandan Satgas Sektor Barat

Dandim TTU Pimpin Personel Kibarkan Bendera Raksasa di Atas Bukit Maol Jelang HUT RI ke 78

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 17:09 WIB
header img
Dandim TTU Letkol Arm Laode Irwan Halim Pimpin Personel Kibarkan Bendera Raksasa di Atas Bukit Maol Jelang HUT RI ke 78. Foto:ist

KEFAMENANU, iNewsTTU.id--Pengibaran Bendera Merah Putih ukuran 8x12 meter dikibarkan 30 orang personel Kodim 1618 TTU yang dipimpin langsung oleh Dandim 1618/TTU Letkol Arm Laode Irwan Halim
di Gunung Maol, Sabtu, 5/8/2023. 

Kegiatan ini merupakan bagian memperingati hari jadi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78.

Pengibaran bendera di puncak gunung adalah salah satu cara yang umum digunakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) setiap tanggal 17 Agustus.


 

Awalnya, Personel Kodim TTU menyiapkan dua batang bambu  masing masing panjang 15 meter sehingga total ketinggian tiang adalah 30 meter kemudian bambu disambung dan diikat pada sebatang pohon penopang sebelum bendera raksasa dikibarkan. 

Proses pengibaran pun cukup Dramatis, pasalnya terpaan angin yang  kencang membuat Personel harus bertahan dan memegang erat bendera, bambu dan tali pengibaran agar tidak lepas.

Pengibaran Bendera raksasa berlangsung hingga beberapa jam dikarenakan sulitnya Medan di atas bukit yang tinggi sekitar 450 meter di atas permukaan laut.


 

Namun berkat kerja sama atau gotong royong membuat pengibaran bendera raksasa di atas bukit Maol berlangsung dengan baik dan sukses.

Dandim TTU Letkol Arm Laode Irwan Halim menyampaikan, pengibaran bendera itu merupakan bentuk perjuangan TNI AD untuk memeriahkan HUT RI ke-78.

Pengibaran ini juga dia maknai untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan rasa bangga kepada para pejuang.


 

Hadir juga dalam pengibaran bendera raksasa itu Plh. Kasdim 1618/TTU, Mayor Inf Ngakan Made Marjana, Plh. Pasi Intel Dim 1618/TTU Kapten Inf Agustinus Ahang, Danramil 1618-04/Bisel, Kapten Cba. Dominggus Atamani.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut