get app
inews
Aa Read Next : Resmi WNI Maarten Paes bisa Perkuat Indonesia Lawan Irak dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia

Ini 3 Tokoh Pengibar Bendera Merah Putih Pertama Saat Indonesia Merdeka

Rabu, 16 Agustus 2023 | 19:38 WIB
header img
Ini 3 Tokoh Pengibar Bendera Merah Putih Pertama Saat Indonesia Merdeka. Foto: istimewa

JAKARTA, iNewsTTU.id - Bangsa Indonesia memasuki usia ke 78 tahun pada 2023 ini, saat detik-detik kemerekaan, ditandai dengan pengibaran bendera merah putih.

Namun tahukah anda, siapa saja yang mengibarkan bendera merah putih pada masa yang mengharukan dan menegangkan itu?

Pada hari itu, di Jalan Pegangsaan Timur, Nomor 56, Soekarno membacakan teks Proklamasi pukul 10.00 di hadapan khalayak. 

Selain rakyat, sejumlah tokoh juga menghadiri pembacaan Proklamasi kemerdekaan. Di antara mereka adalah Ki Hajar Dewantara, Sam Ratulangi, KH Mas Mansur, dan AA Maramis. 

Pada momen tersebut, bendera Merah Putih dikibarkan untuk pertama kali. Saat bendera dinaikkan perlahan oleh petugas, orang-orang yang hadir menyanyikan lagu Indonesia Raya. 

Berikut tokoh pengibar bendera Merah Putih pertama kali: 

1. Latief Hendraningrat Latief Hendraningrat salah satu tokoh yang berperan sebagai pengibar bendera Merah Putih untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia. Saat itu, Latief berpakaian seragam tentara Jepang karena menjadi anggota PETA Pembela Tanah Air (PETA). 

Di PETA, Latief menjabat komandan kompi dengan pangkat cudanco. Cudanco satu tingkat lebih rendah dari daidanco atau komandan batalion, yaitu pangkat tertinggi yang bisa dicapai orang pribumi saat itu. 

Tak hanya mengibarkan bendera, Latief bertanggung jawab atas keamanan lokasi dan keselamatan orang yang hadir dalam peristiwa bersejarah itu. 

2. S Suhud Tokoh pengibar bendera Merah Putih lainnya adalah S Suhud atau bernama lengkap Suhud Sastro Kusumo. Dia yang mengambil bendera Merah Putih dari baki kemudian mengikatnya ke tali. 

Suhud dibantu Latief Hendraningrat untuk mengikatkan bendera ke tali dalam pengibaran bendera Merah Putih untuk pertama kalinya itu. 

Sebelumnya, Suhud mendapat perintah untuk menyiapkan tiang bendera. Tiang yang dia peroleh merupakan bambu jemuran dilengkapi tali pengerek. Suhud adalah anggota Barisan Pelopor yang dibentuk Jepang. Dia ditugaskan untuk menjaga rumah Soekarno.

3. Surastri Karma Trimurti Surastri Karma Trimurti atau SK Trimurti termasuk pemuda yang menyaksikan dan terlibat dalam pengibaran bendera pusaka. 

Semula, dia mendapat kepercayaan untuk mengibarkan bendera setelah teks Proklamasi dibacakan. Namun, Trimurti menilai orang yang layak mendapat tugas mengibarkan bendera adalah seorang prajurit. 

Dia merasa belum memiliki banyak jasa untuk mendapat kehormatan tersebut. Oleh karena itu, dia menolaknya. SK Trimurti lalu menunjuk Latief Hendraningrat untuk menggantikan dirinya. Latief kemudian mengibarkan bendera merah putih bersama Suhud.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut