get app
inews
Aa Read Next : Peduli Kesehatan WBP, Marciana Apresiasi Program Posyandu Lansia Lapas Kupang

7 Bahaya Merokok bagi Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Rabu, 02 Agustus 2023 | 13:31 WIB
header img
Bahaya merokok bagi ibu hamil menjadi lebih besar karena bukan hanya mengancam kesehatan mereka sendiri, tetapi juga janin yang dikandung. Foto: DOK

JAKARTA, iNewsTTU.id - Bahaya merokok bagi ibu hamil menjadi lebih besar karena bukan hanya mengancam kesehatan mereka sendiri, tetapi juga janin yang dikandung. Merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat membawa dampak serius bagi kesehatan seseorang, bahkan seseorang yang menghirup asap rokok juga mendapatkan dampak yang bahaya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 7 bahaya merokok bagi ibu hamil yang perlu dihindari.

1. Gangguan Pertumbuhan Janin 

Merokok selama kehamilan dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan pada janin. Zat-zat beracun dalam asap rokok dapat menyusup ke dalam aliran darah ibu hamil dan menghambat suplai nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan janin dengan baik. Akibatnya, berat badan bayi dapat lebih rendah dari normal, dan dapat mengalami komplikasi kesehatan setelah lahir.

2. Risiko Kehamilan Ektopik 

Merokok juga meningkatkan risiko terjadinya kehamilan ektopik, yaitu kondisi ketika sel telur yang dibuahi terlanjur berimplantasi di luar rahim. Kehamilan semacam ini tidak dapat berkembang dengan baik dan dapat membahayakan kesehatannya, bahkan mengancam nyawa ibu hamil.

3. Kemungkinan Aborsi Spontan

Para ibu hamil perokok juga berisiko mengalami aborsi spontan. Rokok mengandung nikotin dan bahan kimia berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan kontraksi otot rahim yang berlebihan dan mengganggu kehamilan secara keseluruhan.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut