get app
inews
Aa Read Next : Warga Serahkan Senjata Flintlock Milik Eks Pejuang Timor-Timur ke Komandan Satgas Sektor Barat

Luar Biasa, 2 Siswa SMP Katolik di Kabupaten TTU Lulus Seleksi SMA Taruna Nusantara

Selasa, 23 Mei 2023 | 23:50 WIB
header img
Adalbertus Alfredo Sales (kiri) dan Antonio Martinz Muso (kanan). Foto: iNewsTTU.id/Isto Santos.

KEFAMENANU, iNewsTTU.id - Sebanyak dua orang siswa SMP Katolik Santo Antonius Padua Sasi, Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) berhasil lulus memasuki SMA Taruna Nusantara.

Kedua siswa jebolan Sekolah Katolik tersebut diantaranya Adalbertus Alfredo Sales dan Antonio Martinz Masu. Tidak hanya itu, terhitung dengan tahun 2023, sebanyak 3 angkatan yang telah berhasil masuk sekolah itu dan total dengan tahun ini berjumlah 4 orang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala SMP Katolik Santo Antonius Padua Sasi, Maria Giwuk saat ditemui belum lama ini, Sabtu, (20/05/2023).

"Sudah 3 tahun berturut-turut siswa kami lulus di SMA Taruna Nusantara meskipun tahun-tahun sebelumnya kurangnya informasi sehingga angkatan pertama dan kedua yang lulus hanya 2 orang," ujarnya.

Sedangkan, katanya, untuk tahun ketiga 2023, kedua siswa telah dipersiapkan dengan baik setelah mengetahui informasi dari angkatan sebelumnya yang telah berhasil masuk di SMA itu.

Dikatakan, persiapan di sekolah maupun dengan orang tua telah dilakukan terlebih saat keduanya memasuki kelas 3 SMP.

"Jadi kami menyampaikan kepada orang tua bahwa ini peluang untuk anak-anak. Kalau orang tua serius merespon, maka kita pun akan berusaha semaksimal mungkin bersama orang tua menyiapkan anak-anak," katanya.

Ia menjelaskan, untuk memasuki SMA Taruna Nusantara memiliki seleksi yang ketat mulai dari prestasi, nilai akademik, kesehatan, administrasi, seleksi psikotes dan wawancara.

Dibidang prestasi, Adalbertus Alfredo Sales pernah menjadi Ketua OSIS dan pernah mengikuti Jambore Nasional Pramuka. Sementara Antonio Martinz Masu berprestasi dibidang bela diri Taekwondo.

"Nilai raport itu harus rata-rata 80 untuk empat mata pelajaran dan dari semua tes itu, mereka berdua melewatinya dengan baik," ungkapnya.

Pihaknya, berharap, keduanya dapat menerapkan apa yang telah didapatkan di sekolah asal agar menjadi lebih baik dan menjadi kebanggan di SMA Taruna Nusantara.

"Saya mengimbau orang tua anak yang kami lihat punya prestasi dan potensi dibidang akademik maupun olahraga, kami akan undung orang tua untuk menyampaikan kepada mereka agar anak dipersiapkan dari sekarang," ungkapnya.

Sementara itu,  Adalbertus Alfredo Sales kepada iNews.id mengatakan, dirinya bersyukur bisa masuk SMA yang bisa mengasah kemampuan menjadi seorang yang kelak menjadi pemimpin yang baik dan bermanfaat bagi banyak orang.

"Mama dan bapak dukung. Mama bilang, usaha boleh tetapi jangan lupa berdoa," ujarnya.

Beberapa orang hebat di Indonesia lulusan dari di SMA Taruna Nusantara
SMA Taruna Nusantara (TN) adalah sekolah berbasis semi-militer yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah. Sekolah ini menempati posisi ke-4 sebagai sekolah terbaik di Magelang versi skor UTBK 2021 oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut