Logo Network
Network

Dugaan Korupsi Rp8,3 Triliun, Rekening Milik Johny G Plate Dibekukkan

Ariedwi Satrio/Isto Santos
.
Senin, 22 Mei 2023 | 07:55 WIB
Dugaan Korupsi Rp8,3 Triliun, Rekening Milik Johny G Plate Dibekukkan
Menkominfo, Johny G Plate ditahan setelah terbukti korupsi uang negara (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNewsTTU.id - Sekjen Partai Nasdem asal Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sekaligus Menkominfo, Johny G Plate ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan kasus korupsi.

Ia sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2020 sampai 2022.

Johny langsung ditahan usai dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka pada Rabu tanggal 17 Mei 2023. Johnny Plate ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba Cabang Kejaksaan Agung.

Hal itu berdasarkan Surat Perintah Penahanan Nomor: Prin-21/ F.2/Fd.2/05/2023 tanggal 17 Mei 2023.

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) membekukan rekening para pihak yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi tersebut dan salah satunya milik mantan Menkominfo, Johnny G Plate.

Hal itu disampaikan oleh Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana, Senin (22/5/2023).

"Terkait kasus BTS kami sudah lama proses dan koordinasi dengan penyidik ya. Untuk mendukung proses analisis sudah banyak yang kami bekukan rekening beberapa pihak," katanya.

Terbitkan Keppres, Presiden Jokowi Resmi Berhentikan Johnny G Plate dari Menkominfo Dikonfirmasi lebih jauh soal salah satu rekening yang dibekukan merupakan milik Menkominfo Johnny G Plate, Ivan mengatakan saat ini sudah menjadi kewenangan Kejaksaan Agung (Kejagung).

Kewenangan PPATK untuk membekukan rekening berlangsung ketika proses analisis. Dengan kata lain, PPATK sudah menyerahkan ke penyidik Kejagung terkait kewenangan untuk membekukan rekening para pihak yang terlibat dalam kasus proyek pengadaan BTS.

"Intinya saat ini sudah di tangan penyidik dengan kewenangan teman-teman Kejaksaan," tuturnya.

Follow Berita iNews Ttu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.