get app
inews
Aa Read Next : Empat Bakal Calon Bupati dari Partai Golkar di TTU Pastikan Diri Siap Disurvey

Indonesia Dukung Timor Leste jadi Anggota ASEAN hingga Pengembangan Kawasan Ekonomi di Perbatasan

Selasa, 09 Mei 2023 | 21:40 WIB
header img
Presiden Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak dalam perhelatan KTT ASEAN di Labuan Bajo, NTT (Foto: Istimewa).

MANGGARAI BARAT, iNewsTTU.id - Presiden RI Joko Widodo menerima sejumlah kepala negara di Asia Tenggara dan termasuk juga calon anggota ASEAN dari Negara Timor Leste yang dihadiri oleh Perdana Menteri Taur Matan Ruak di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sementara dengan Perdana Menteri Timor-Leste, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat datang karena untuk pertama kalinya Timor-Leste berpartisipasi dalam KTT ASEAN.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya kerja sama ekonomi, termasuk di antaranya di wilayah perbatasan kedua negara. Ini sudah dibahas pada kunjungan PM Timor-Leste ke Jakarta beberapa saat yang lalu.

Kedua pemimpin sepakat bahwa akan dibentuk Joint Working Group yang akan mempersiapkan pengembangan kawasan ekonomi di perbatasan kedua negara.

Seperti dengan Vietnam, kita melihat semakin banyaknya investasi kedua negara. Oleh karena itu, Indonesia mengusulkan agar BIT dapat segera dibentuk atau mulai dibahas antara kedua negara.

Presiden RI juga mengingatkan mengenai masalah pentingnya segera menyelesaikan perundingan batas darat.

Presiden RI menyampaikan bahwa selama Keketuaan Indonesia ini, roadmap untuk Timor-Leste agar menjadi anggota penuh akan disepakati.

Diharapkan agar Timor-Leste dapat segera memenuhi kriteria-kriteria yang ada di roadmap yang besok akan diadopsi, sehingga akan dapat menjadi anggota penuh ASEAN.

Timor-Leste menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Indonesia terhadap keanggotaan Timor-Leste.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut