get app
inews
Aa Read Next : Warga Serahkan Senjata Flintlock Milik Eks Pejuang Timor-Timur ke Komandan Satgas Sektor Barat

Banyak Jalan Berlubang, Sat Lantas Polres TTU Minta Masyarakat Waspada Kecelakaan di Musim Hujan

Minggu, 09 April 2023 | 21:00 WIB
header img
Sat Lantas Polres TTU (Foto: iNewsTTU.id/Isto Santos).

KEFAMENANU, iNewsTTU.id - Beberapa hari ini Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) diguyur hujan dan data BMKG mengungkapkan adanya bibit siklon tropis 98s yang muncul di Provinsi NTT.

Masyarakat diminta untuk mentaati aturan lalu lintas dengan menggunakan helm dan waspada terhadap genangan air pasalnya sejumlah titik jalan berlubang khususnya di Kota Kefamenanu agar terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan.

Pasca kegiatan Ibadah perayaan Paskah dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Sat Lantas Polres TTU disamping melaksanakan Operasi Samana Santa juga gencar melaksanakan kegiatan Kepolisian yang ditingkatkan berupa patroli pemantauan arus lalu lintas.

Hal itu disampaikan oleh Kapolres TTU, AKBP Mohammad Mukson melalui Kasat Lantas Polres TTU, Iptu Rahmat Agus Ibrahim pada Minggu (09/04/2023).

"Selain melaksanakan patroli dan pemantauan arus lalu lintas, Kami juga melaksanakan himbauan agar kendaraan yang melintas berhati-hati di lokasi jalan berlubang dan yang terendam air pada saat hujan," ujarnya.

Ia mengatakan, kurangnya sarana prasarana jalan raya di Kabupaten TTU berupa penerangan jalan dan beberapa titik kerusakan jalan yang tergerus air berdampak menambah parah kondisi jalan tersebut.

"Sehingga perlunya kewaspadaan ektra bagi pengendara khususnya yang melakukan aktifitas pada sore dan malam hari," tuturnya.

Selain faktor jalan dan cuaca hujan, katanya, faktor pengendara dan kendaraan adalah yang terpenting. Lanjutnya, kecelakaan lalu lintas berawal dari pelanggaran pengendara itu.

"Kurangnya kelengkapan kendaraan dan kelayakan berkendara sehingga mengakibatkan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas," tuturnya lebih lanjut.

Pihaknya selalu menghimbau dan sosialisasi kepada masyarakat tentang etika berkendara di jalan pada saat melaksanakan pengaturan pagi dan saat pengamanan tempat ibadah serta menggalang beberapa tokoh agama di TTU guna ikut menyampaikan kepada umat.

"Penindakan kepada masyarakat juga akan gencar dilaksanakan dengan menghentikan pelanggar yangg kasat mata untuk dibawa ke Pos Eltari dengan diberikan himbauan dan segera melengkapi kendaraan juga identitas kelayakan pengendara," ungkapnya.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut