Logo Network
Network

Wow Ternyata Menyanyi Bisa Menurunkan Risiko Demensia dan Memperpanjang Umur Manusia

Diana Rafikasari, Sefnat Besie
.
Rabu, 15 Maret 2023 | 12:31 WIB
Wow Ternyata Menyanyi Bisa Menurunkan Risiko Demensia dan Memperpanjang Umur Manusia
Wow Ternyata Menyanyi Bisa Menurunkan Risiko Demensia dan Memperpanjang Umur Manusia. Foto: ist

Faktanya, Alzheimer's Society bahkan telah mendirikan layanan bernyanyi untuk otak guna membantu penderita demensia dan alzheimer mempertahankan ingatan mereka. Bernyanyi diketahui melepaskan endorfin, zat kimia yang membuat perasaan senang dan bahagia. 

Selain itu, para ilmuwan telah mengidentifikasi organ kecil di telinga yang disebut sacculus, yang merespons frekuensi yang diciptakan oleh nyanyian. Responsnya langsung menciptakan rasa senang, terlepas dari seperti apa nyanyian itu. Tidak hanya itu, bernyanyi dapat mengalihkan pikiran dari masalah hari itu untuk meningkatkan mood. 

Dilansir dari Express (21/12) dokter melaporkan bahwa bernyanyi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Seorang wanita 76 tahun yang pernah mengalami hipertensi pra operasi parah sebelum operasi penggantian lutut total untuk osteoartritis (OA). Dengan terus bernyanyi selama 20 menit, tekanan darah pasien tetap rendah dan bertahan selama beberapa jam setelahnya. Seperti yang diinstruksikan oleh dokter, pasien bernyanyi secara berkala sepanjang malam yang menjaga tekanan darahnya pada tingkat yang dapat diterima.

Keesokan paginya, wanita itu diperbolehkan untuk menjalani operasi penggantian lutut, yang berhasil dan tanpa komplikasi. "Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik bisa efektif dalam mengurangi tekanan darah dengan menenangkan. Menyanyi sebelum operasi bisa mengurangi stres dan kecemasan, pasien" jelas penulis utama Nina Niu, peneliti dari Harvard Medical School di Boston. 

 Penelitian ini memperluas bukti medis dengan menunjukkan bahwa musik atau nyanyian juga memiliki efek terapeutik. 

Niu mengatakan, bahwa bernyanyi itu sederhana, aman, dan gratis. Studi kasus tunggal ini menunjukkan efektivitas positif bernyanyi dalam menurunkan tekanan darah dan mengendalikan rasa sakit. 

“Untuk secara resmi dianggap sebagai terapi alternatif untuk populasi pasien OA, penelitian yang lebih besar diperlukan untuk mengeksplorasi efek bernyanyi pada hipertensi dan pereda nyeri kronis,” kata Niu.

Jadi untuk menambah usia anda, yuk jangan lupa bahagia. 

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini