get app
inews
Aa Read Next : Anggota BEM FMIPA UNY Laporkan Tuduhan Pencemaran Nama Baik Terkait Kasus Pelecehan Seksual

Puluhan Tahun 4000 Anak Jadi Korban, Uskup Portugal Komitmen Tuntaskan Kasus Pelecehan Seksual

Sabtu, 04 Maret 2023 | 23:42 WIB
header img
Kiri ke kanan: Uskup Virgílio Antunes, wakil ketua Konferensi Waligereja Portugis; Uskup José Ornelas, presiden konferensi; dan Pastor Manuel Barbosa, juru bicara konferensi (Foto: Istimewa).

PORTUGAL, iNewsTTU.id- Para Uskup Portugal mulai mengambil langkah konkret untuk menanggapi laporan investigasi yang memberatkan bulan lalu yang memperkirakan lebih dari 4.000 anak telah menjadi korban pelecehan seksual di dalam Gereja Katolik negara itu sejak tahun 1950-an.

Bertemu dalam sidang pleno di Fátima, Konferensi Waligereja Portugal mengumumkan pembentukan komisi keuskupan yang terdiri dari semua awam dan tugu peringatan bagi para korban yang akan diresmikan selama Hari Pemuda Sedunia, yang berlangsung di Lisbon 1–6 Agustus, di antara langkah-langkah lainnya.

Hal itu disampaikan oleh juru bicara konferensi para Uskup, Pastor Manuel Barbosa pada Jumat, (03/03/2023).

“Kami mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada semua korban yang telah memberikan kesaksian mereka selama setahun terakhir. Tanpa Anda, itu tidak akan mungkin untuk mencapai hari ini. Terima kasih,” ujarnya.

Katanya, pihaknya memberikan kata keberanian kepada semua korban yang masih menyimpan rasa sakit di lubuk hati mereka dan mengumumkan bahwa kelompok khusus akan dibuat, yang akan mengikuti model komisi independen.

"Selain itu, komisi keuskupan yang telah dibentuk sekarang akan terdiri dari orang-orang awam yang kompeten di berbagai bidang kegiatan, dengan kemungkinan memiliki asisten gerejawi," lanjutnya.

Inisiatif lain yang diumumkan adalah pembuatan tugu peringatan bagi para korban pelecehan. Setelah Hari Pemuda Sedunia, tugu peringatan akan dipindahkan ke lokasi di luar kantor pusat konferensi.

Permintaan pengampunan yang ditujukan kepada semua korban pelecehan seksual dalam Gereja Katolik di Portugal akan diumumkan pada bulan April 2023, di Fátima, selama pertemuan para uskup berikutnya.

Para Uskup berjanji untuk memberikan pemantauan spiritual, psikologis, dan psikiatris kepada semua korban.

"Tidak ada toleransi terhadap semua pelaku dan terhadap mereka yang, dengan cara tertentu menyembunyikan pelanggaran yang dilakukan di dalam tubuh Gereja Katolik," katanya.

Perlu investigasi lebih lanjut
Sementara itu, Ketua Konferensi Mgr. José Ornelas mengatakan, banyak Pastor dan tersangka pelaku pelecehan lainnya yang diidentifikasi dalam laporan akhir komisi independen, yang dikeluarkan pada 13 Februari, telah lama meninggal.

Tetapi komisi yang disahkan pada Jumat (03/03/23) oleh konferensi para uskup, memberi para uskup nama-nama imam yang masih aktif yang telah dituduh. Tuduhan itu masih harus diselidiki, tegas para uskup.

"Saya tidak dapat memecat seseorang dari pelayanan hanya karena seseorang menuduhnya. Kami hanya punya nama, itu sangat sulit. Untuk melangkah ke depan, jelas bahwa kami perlu memiliki data, dan daftar yang kami terima ini hanya memiliki nama," jelasnya.

“Jika ada dokumen lain yang sampai kepada kami, pertama, identifikasi siapa kemungkinan pelaku dan apa yang dia lakukan salah, kami akan mengambil tindakan yang tepat,” jelasnya lebih lanjut.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut