get app
inews
Aa Read Next : Marthen Dira Tome Intens Jajaki Kerjasama dengan Pemodal untuk Investasi di Sabu Raijua

Menikmati Kolam Alam Gua Jepang di Kelurahan Nunbaun Delha

Sabtu, 07 Januari 2023 | 15:02 WIB
header img
Ketua RT 015/ RW 008 Kelurahan Nunbaun Delha, Thomas Edison Usmany ( Paling Kiri ) menunjukkan lokasi Gua Jepang atau Gua Meriam di Kelurahan tersebut, Sabtu (07/01/2023). Foto : iNewsTTU.id/ Rudy Rihi Tugu

KUPANG,iNewsTTU.id- Musim hujan seperti saat ini merupakan hal yang paling dinantikan penduduk RT 015/RW 008 serta seluruh warga Kelurahan Nunbaun Delha, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, hal ini dikarenakan Gua Jepang atau yang biasa disebut Gua Meriam oleh warga sekitar mulai dipenuhi air sehingga menjadi pemandian alam yang asyik untuk dinikmati.

Seperti terpantau iNews.id, Sabtu ( 07/01/2023), Goa Jepang ini merupakan satu-satunya gua jepang di Kelurahan Nunbaun Delha yang telah di inventaris oleh Balai Pelesatrian Cagar Budaya Bali. Gua ini mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat, dari jalan raya masuk ke perumahan penduduk sekitar 200 meter.

Di mulut gua ini terdapat sebuah meriam pertahanan Perang Dunia II, tak hanya itu di depan gua juga dibuatkan saluran air untuk menyalurkan genangan air dari dalam gua pada musim hujan.

Lokasi gua meriam ini berada di lahan milik perorangan bernama Agustinus Dewa yang juga menjaga cagar budaya ini.

Ketua RT 015/ RW 008, Thomas Edison Usmany mengatakan setiap musim penghujan tiba, air akan memenuhi permukaaan gua karena ada beberapa mata air besar yang pecah dan mengeluarkan debit air, tak ayal kondisi ini langsung menjadi lokasi wisata pemandian bagi warga sekitar.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut