get app
inews
Aa Read Next : Hotman Paris Hutapea Janji Bakal Biayai Pernikahan Bharada E usai Keluar dari Penjara

Jadi Saksi Ringankan Bharada E, Romo Magnis Suseno Hadir Sebagai Ahli Filsafat Moral

Senin, 26 Desember 2022 | 19:22 WIB
header img
Romo Magnis Suseno Hadir Sebagai Ahli Filsafat Moral (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNewsTTU.id - Pastor Katolik dan Guru Besar Emiritus Universitas Driyarkara menjadi saksi ahli untuk meringankan Bharada dalam persidangan kasus pembunuhan Brigadir J.

Rohaniawan Katolik itu dihadirkan karena penembakan oleh terdakwa Bharada E berkaitan dengan perbuatan moral dibawah tekanan atasan pada saat kejadian tersebut.

Ahli filsafat moral itu bernama Franz Magnis-Suseno yang menjadi saksi di sidang kasus pembunuhan Yosua Hutabarat (Brigadir J) dengan terdakwa Richard Eliezer (Bharada E), Senin (26/12/2022).

Romo Magnis pun menjelaskan soal budaya melaksanakan perintah di tubuh kepolisian. Budaya melaksanakan perintah inilah yang ditengarai membuat Bharada E terpaksa menjalankan perintah atasannya, Ferdy Sambo, untuk menembak Brigadir J.

Meski perintah itu bertentangan dengan suara hatinya, tetapi dia tidak bisa melawan karena statusnya lebih kecil, jauh di bawah si pemberi perintah.

"Kita di Indonesia tahu sering pakai istilah laksanakan, atau istilahnya siap," kata Romo Magnis dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Menurut Romo Magnis, untuk melihat seberapa bersalah anak buah tersebut, maka bisa dilihat apakah dia merasa menyesal atau tidak. Penyesalan bisa menunjukan tingkat kebingungan pelaku saat peristiwa itu terjadi.

"Faktor yang amat menentukan kebersalahan apakah orang betul bersalah atau tidak, yang juga keliatan, apakah dia menyesal atau tidak," ujar Magnis.

Dia menilai, seseorang yang melakukan sesuatu yang tidak benar karena dalam kondisi tidak bisa melawan, maka tingkat kesalahannya bisa berkurang.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut