get app
inews
Aa Read Next : Gereja Katolik Peringati 750 Tahun Kematian Santo Thomas Aquinas

Pesan Natal Gereja-Gereja Eropa: Perang adalah Luka Bagi Umat Manusia

Rabu, 21 Desember 2022 | 07:17 WIB
header img
Rumah-rumah warga Ukraina hancur akibat perang (Foto: Istimewa).

VATIKAN, iNewsTTU.id- Dalam pesan Natal bersama tahunan, Gereja-Gereja Eropa berdoa untuk perdamaian di Ukraina dan di Eropa.

Dilansir Vatican News, Dewan Gereja Dunia juga mengeluarkan pesan Natalnya yang menyerukan kepada semua orang yang berkehendak baik untuk menjadi agen rekonsiliasi, dan pembawa damai di tengah meningkatnya ketakutan akan perang, perubahan iklim, dan kelaparan.

Gereja-Gereja di Eropa telah memfokuskan Pesan Natal bersama tahun ini pada “penderitaan luar biasa” rakyat Ukraina, dan pada mereka yang terpaksa meninggalkan rumah mereka akibat invasi militer yang dilakukan oleh Rusia hampir sepuluh bulan lalu.

Natal membawa janji harapan meski ada perang

“Pertumpahan darah yang sedang berlangsung di Ukraina merupakan luka terbuka bagi umat manusia,” kata pesan yang ditandatangani oleh Pendeta Christian Krieger dan oleh Kardinal Jean-Claude Hollerich SJ, masing-masing presiden Konferensi Gereja-Gereja Eropa (CEC) dan Komisi Gereja serta Konferensi Waligereja Uni Eropa (COMECE) pada Selasa, (20/12/2022).

Terlepas dari “bayangan gelap perang” yang hadapi saat ini, kedua pemimpin Gereja itu menyatakan bahwa Natal masih memberi “janji harapan”.

Berdoa untuk Ukraina

Menjelang perayaan Natal, oleh karena itu, mengundang umat beriman untuk berdoa secara khusus bagi perdamaian di Ukraina dan bagi semua yang tersiksa oleh dingin, kelaparan dan ketakutan.

Bagi para agresor untuk menghentikan permusuhan agar semua pihak, dengan bantuan komunitas internasional, dapat membuka diri untuk dialog dan negosiasi.

Menutup pesan itu, Gereja-Gereja Eropa mengusulkan doa dan menyatakan harapan bahwa Natal dapat mengilhami setiap orang untuk mencari rekonsiliasi dan perdamaian.

Sehingga alih-alih tembok perpecahan dan ketidakpedulian, benih saling menghormati, solidaritas dan, persaudaraan manusia ditanam dan dipupuk di hati setiap orang.

“Kami berdoa untuk rakyat Ukraina, untuk semua yang terperangkap dalam kekerasan dan perang, untuk semua yang menderita dan ketakutan, agar Anda melindungi dan menguatkan mereka.

Kami berdoa untuk para pemimpin dunia, untuk kebijaksanaan, integritas, dan kasih sayang, agar Anda membimbing kaki mereka di jalan keadilan dan rekonsiliasi," harapnya.

Pihaknya juga berdoa untuk para pemimpin gereja, untuk penegasan, tekad dan keberanian, agar mereka dapat mengucapkan kata-kata kebenaran dan kesalehan.

Dan berdoa untuk rakyat Rusia, semua orang yang memohon untuk diakhirinya kekerasan dan konflik, untuk semua orang yang dianiaya karena berbicara menentang agresi,

"Semoga Anda menghibur, mendukung, dan menjaga mereka. Kami mohon penghiburan bagi mereka yang berduka, harapan bagi mereka yang putus asa, pengampunan bagi mereka yang melakukan kekerasan, dan belas kasihan bagi semua yang menderita. Dalam nama Yesus Kristus, Raja Damai kita,” ungkapnya.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut