get app
inews
Aa Read Next : DPRD Terindikasi Lakukan Perjalanan Dinas Fiktif Sesuai Temuan BPK

Ilmuwan Temukan Fosil Diduga Evolusi Ular Berkaki Berusia 308 Juta Tahun, Lihat Penampakannya

Minggu, 04 Desember 2022 | 12:54 WIB
header img
Hewan mirip ular yang digambarkan dengan warna biru mewakili interpretasi tentang spesies baru bernama Nagini mazonense yang hidup lebih dari 300 juta tahun yang lalu. Foto/Live Science/ ©2019 Henry Sutherland Sharpe

CHICAGO, iNewsTTU.id -Baru-baru ini para ilmuwan temukan Dua fosil berusia 308 juta tahun, Temuan itu menunjukkan makhluk yang terperangkap dalam limbo evolusioner antara dua bentuk: seperti kadal dan seperti ular.

Bentuk tubuh hewan yang berliku-liku dan berbelit-belit ini tidak memiliki kaki depan, tetapi memiliki dua kaki kadal kecil di belakang.

Menurut ilmuwan fosil unik ini sebagai genus dan spesies yang baru ditemukan dan diberi nama Nagini mazonense.

Dikutip dari laman Live Science, Kamis (31/3/2022). Ahli paleontologi vertebrata dan rekan postdoctoral di Smithsonian National Museum of Natural History (NMNH) di Washington, DC, menyebut bentuk transisi ini jarang terjadi.

“Sangat jarang menemukan bentuk transisi seperti itu dalam catatan fosil, yang merekam proses di antara hewan berkaki empat dan hewan tanpa kaki,” kata Arjan Mann.

Sebelumnya, Mann dan peneliti lain telah mengidentifikasi beberapa fosil molgophid yang memiliki kaki depan yang lebih pendek dengan jari yang hilang.

Editor : Sefnat Besie