get app
inews
Aa Read Next : Inter Milan Tertarik Datangkan Bek Indonesia Jay Idzes?

Simak 6 Kejadian Gempa Bumi Terdahsyat di Indonesia Sejak 2004 hingga 2018

Sabtu, 26 November 2022 | 19:51 WIB
header img
Simak 6 Kejadian Gempa Bumi Terdahsyat di Indonesia Sejak 2004 hingga 2018. Ilustrasi gempa bumi. (Foto:Pixabay)

BANDUNG, TTU.INEWS.ID -Berbagai kejadian gempa bumi terjadi di Indonesia bahkan berdampak kerusakan yang luar biasa, bahkan korban jiwa capai ribuan orang.

Namun tahukah kamu, ternyata ada beberapa gempa bumi terdahsyat yang pernah terjadi di Indonesia yang menewaskan ratusan ribu korban jiwa?

Berikut ini 6 gempa bumi terdahsyat di Indonesia, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Aceh

Pada 26 Desember 2004 terjadi gempa bumi berkekuatan 9,1 Skala Richer di Dasar Samudera Hindia lepas pantai Sumatera. Gempa bumi terjadi di dasar bumi dengan kedalaman 30 km lempeng Hindia yang disubduksi oleh lempeng Burma.

Bahkan, gempa bumi sempat naik menjadi 9,3 Skala Richer hingga mengguncang Aceh dan wilayah Sumatera Utara. Gempa tersebut menimbulkan gelombang tsunami berketinggian 30 meter dengan kecepatan mencapai 100 meter/detik atau 360 km/jam.

Gempa dahsyat ini menelan korban jiwa sebanyak 230.000 jiwa dan puluhan ribu bangunan hancur terhempas gelombang tsunami. Selain itu, gempa bumi dan gelombang tsunami juga mempengaruhi rotasi bumi, memperpendek durasi satu hari selama 2,68 mikrodetik, sedikit mengubah bentuk planet manusia, dan menggeser Kutub Utara beberapa sentimeter.

2. Yogyakarta

Pada 2006 silam, tepatnya 27 Mei pukul 05.55 WIB, gempa bumi mengguncang Yogyakarta dan wilayah Jawa Tengah. Gempa berkekuatan magnitudo 6,4 ini telah mengakibatkan 6.234 orang meninggal dunia. Menurut perhitungan Balai Survei Geologi Amerika Serikat (USGR), gempa yang menimpa wilayah Yogyakarta memiliki kedalaman hingga 7,5 km.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut