get app
inews
Aa Read Next : Gempa 5,1 SR Guncang Larantuka Flores Timur

Simak 6 Kejadian Gempa Bumi Terdahsyat di Indonesia Sejak 2004 hingga 2018

Sabtu, 26 November 2022 | 19:51 WIB
header img
Simak 6 Kejadian Gempa Bumi Terdahsyat di Indonesia Sejak 2004 hingga 2018. Ilustrasi gempa bumi. (Foto:Pixabay)

Gempa bumi terjadi lantaran adanya pergeseran sesar mendatar dari sesar Palu-Koro yang membentang dari utara-barat laut ke selatan-tenggara di sepanjang pegunungan Sulawesi Tengah. Peristiwa ini menelan korban jiwa sebanyak 2.113. 1.309 orang dinyatakan hilang, sementara 4.612 alami luka-luka.

6. Nias

Pada 28 Maret 2005 lalu, tepatnya pukul 23.09 WIB perairan Pulau Nias, Sumatra Utara dan Pulau Simeuleu, Nanggroe Aceh Darussalam diguncang gempa berkekuatan 8,2 SR. Berbeda dengan catatan seismik, yang mencatat kekuatan gempa sebesar 8,7 SR.

Gempa yang memiliki kekuatan tinggi ini, dirasakan hingga wilayah Padang, Jambi, Pekanbaru, Kuala Lumpur, Malaysia. Selain itu, getarannya juga terasa hingga Bangkok, Thailand.

Berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, gempa ini mengakibatkan lebih dari 1.000 orang meninggal dan sekitar 2.391 mengalami luka-luka.

Baru-baru ini, Indonesia tengah berduka karena adanya bencana alam gempa bumi dengan Magnitudo 5,6 terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Akibat gempa Cianjur tersebut, ratusan rumah, sekolah, gedung mengalami kerusakan parah. Bahkan, ratusan orang meninggal dunia, dan ribuan orang mengalami luka berat/ringan.

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut