get app
inews
Aa Read Next : Bawang Putih, Khasiat Ajaib Bumbu Dapur untuk Kesehatan Pria yang Belum Diketahui

Ini Cara Menghilangkan Kutu Air di Kulit, Obatnya Mudah Ditemukan di Rumah

Kamis, 15 September 2022 | 20:23 WIB
header img
Ilustrasi penyakit kutu air. (iNewspalembang.id/ist)

Cara mengobati kutu air selanjutnya adalah menggunakan bawang putih. Tak hanya digunakan untuk bumbu masakan saja, bawang putih juga dipercaya secara turun temurun sebagai obat alami untuk mengatasi kutu air.

Menurut penelitian dalam Journal of Applied Microbiology pada 2002, bawang putih diketahui memiliki sifat antijamur yang ampuh melawan jamur Candida albicans. Sebagai pengetahuan, jenis bakteri ini merupakan penyebab infeksi jamur paling umum pada manusia.

3. Minyak Oregano

Selanjutnya adalah minyak esensial oregano, salah satu yang dipercaya dapat menjadi obat alami untuk membantu mengatasi kutu air. Beberapa penelitian menyatakan, minyak oregano terapeutik mengandung 71 persen senyawa antiseptik yang dikenal dengan nama fenol.

Dua jenis fenol tersebut terkandung pada minyak oregano, yaitu timol dan carvacrol. Keduanya merupakan bahan aktif yang mana dapat membantu membunuh jamur, serta mengendalikan pertumbuhan mikroba yang berbahaya dalam tubuh.

4. Alkohol

Cara mengobati kutu air lainnya yakni menggunakan alkohol. Bahan ini juga dinilai ampuh menghilangkan kutu air. Caranya, cukup oleskan secara perlahan dan tipis-tipis ke bagian kulit yang ditumbuhi oleh kutu air.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut