get app
inews
Aa Read Next : Kantor Dinas Kesehatan NTT Terbakar Hebat, Penyebab Masih Diselidiki

Warga Timor Tengah Selatan Temukan Mortir disungai diduga Peninggalan Jepang

Rabu, 22 Juni 2022 | 08:03 WIB
header img
Anggota Babinsa Kodim 1621/TTS sedang memegang Mortir yang berhasil diamankan di sungai Noemina, Kecamatan Batuputih, Kabupaten TTS, NTT, (Foto:Ist)


SOE, iNewsTTU.id--Dua buah Mortir ukuran panjang 15 centimeter ditemukan warga di dalam Sungai Noemina, Desa Oebobo, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT Selasa Sore kemarin. diduga mortir yang sudah karatan tapi masih aktif merupakan peninggalan penjajah Jepang.

Dandim 1621/Timor Tengah Selatan, Letkol Arm Roni Hermawan mengatakan, mortir itu ditemukan oleh warga saat sedang beraktifitas di Sungai Noemina, kemudian warga melaporkan kepada Babinsanya sehingga langsung diamankan agar tidak disalahgunakan.

Letkol Roni menjelaskan, sesuai hasil identifikasi sementara, mortir tersebut masih aktif dan memiliki detonator pada bagian moncongnya namun ikatannya sudah berkarat dengan kode Register MU-ATGM.

"Mortir itu masih aktif dan memiliki daya ledak cukup besar sehingga warga sekitar dihimbau untuk berhati-hati ketika menemukan barang aneh seperti itu segera lapor untuk diamankan," Jelas Dandim Hermawan, Rabu, 22/06/2022.

Hermawan menambahkan, saat ini dua benda tersebut masih diamankan di Makodim Timor Tengah Selatan sambil menunggu petunjuk dari Komando atas.

"Sesuai rencana mortir tersebut akan diserahkan ke Detasemen Peralatan (Denpal) Kupang" Tandas Letkol Arm. Roni Hermawan.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut