Dialog Pagi dengan Tema Suara Anak Membangun Bangsa

Rudy Rihi
Dialog Kupang Pagi dengan topik Suara Anak Membangun Bangsa. Foto : Ist

“Kita jangan sampai lalai dan mengabaikan hak-hak anak, seperti hak sipil dan kebebasan, kelangsungan hidup, tumbuh kembang, partisipasi serta hak untuk berpartisipasi dan hak atas perlindungan dari tindak kekerasan. Hak – hak inilah yang harus diperjuangkan untuk dipenuhi," Tambahnya.

Kabid Perlindungan Khusus Anak Frans Tiran, menimpali, suara anak harus bisa didengar, beri ruang seluas-luadnya bagi anak bisa berpendapat dan berpartisipasi dalam menyuarakan apa yang mereka rasakan dan apa yang ingin dicapai, sebab mereka akan terus bertumbuh untuk bisa menjadi pemimpin bangsa yang hebat.
 
France Tiran menambahkan bahwa asupan gizi, pola asuh untuk menunjang tumbuh kembang anak, termasuk aspek didikan yang benar sangat berpengaruh untuk menciptakan Generasi Emas Indonesia

Pada bagian lain, Kepala UPTD Kesejahteraan Sosial Anak di Kupang pada Dinas Sosial Provinsi NTT, Dra. Helena Marianne, menyampaikan tentang gambaran anak-anak di NTT yang diasuh apa panti-panti asuhan binaan Dinas Sosial, Provinsi NTT, dimana yang bertanggung jawab adalah Unit Pelaksana Teknis  Daerah Panti Pengembangan dan Penyantunan Sosial.

UPTD Kesejahteraan Sosial Anak di Kupang bertanggung jawab memberikan pelayanan Kesejahteraan Sosial kepada anak terlantar dalam memenuhi kebutuhan fisik, mental, sosial dan ketrampilan pada anak asuh

Dinas Sosial Provinsi NTT memiliki pedoman melalui UPTD Kesejahteraan Sosial Anak di Kupang dengan 3 Panti Asuhan di 3 (tiga) Kabupaten di NTT, yaitu Kabupaten Kupang Panti Riang Naibonat, Kabupaten Lembata Taruna Harapan Lembata dan Panti Ora Et Labora di Kabupaten Sumba Barat.

Panti-panti ini menjadi sebuah keluarga besar bagi anak-anak terlantar yang ada di NTT, dengan memberikan perlindungan, kebutuhan hidup, mengajarkan keterampilan serta menyekolahkan dalam pendidikan formal yang ada di lingkungan Panti, sejak Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas dan nanti akan dipulangkan kembali ke daerah asal. 

Editor : Sefnat Besie

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network