97 Siswa Kelas VI SDK Santo Arnoldus Penfui menerima Hasil Kelulusan dengan Balutan Busana Daerah

Eman Suni
Suka Cita Kemeriahan Acara Kelulusan dan Pelepasan Siswa SDK St. Arnoldus Penfui Kupang, Senin (10/06/2024). Foto:Eman Suni

KUPANG,iNewsTTU.id-- Sekolah Dasar Katolik (SDK) Santo Arnoldus Penfui Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), menggelar pelepasan siswa/siswi Kelas VI Tahun Pelajaran 2023/2024. Acara digelar halaman Gedung SDK setempat, Senin (10/06/2024).

Kemeriahan acara pengumuman kelulusan dan pelepasan 97 siswa/siswi kelas VI tersebut mengusung tema “Pergilah, Sesungguhnya Aku Mengutus Kamu Seperti Anak Domba ke Tengah-Tengah Serigala”. 

Kegiatan pelepasan tersebut dihadiri Kepala Sekolah SDK St. Arnoldus Penfui, Yohanes Tamo Ama, S.Pd. SD., beserta dewan guru, Komite Sekolah, serta para orang tua wali murid.

Suka cita kekeluargaan begitu terasa diantara para siswa/siswi, para guru beserta orang tua wali yang hadir dengan balutan busana daerah masing-masing etnis dari seluruh wilayah NTT dan sejumlah daerah di Indonesia.

Meski digelar sederhana, acara pelepasan siswa kelas VI itu berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai kesenian tarian lokal serta pertunjukan drama musikal yang ditampilkan siswa/siswi kelas V dan VI.

Acara pelepasan diawali dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Sekretaris Yayasan Swastisari Romo Guido, dilanjutkan dengan pembacaan dan pemberian piagam serta piala bagi kategori siswa/siswi berprestasi.

Momen haru dibaluti derai air mata perpisahan oleh para siswa/siswi kelas VI SDK Santo Arnoldus Penfui saat momen pemberian karangan bunga bagi para guru wali kelasnya masing-masing.

Kepala Sekolah SDK Santo Arnoldus Penfui, Yohanes Tamo Ama, S.lPd. SD., mengapresiasi kegiatan pengumuman kelulusan dan pelepasan siswa-siswi kelas VI ini dapat terselenggara dengan penuh hikmat dan meriah.

"Perlu kita mengapresiasi seluruh proses rangkaian acara sejak persiapan awal hingga hari ini dapat berjalan baik. Sesuai kesepakatan bersama panitia bersama orang tua wali, kegiatan pengumuman kelulusan dan pelepasan siswa-siswi SDK Santo Arnoldus Penfui tahun pelajaran 2023/2024 berkonsep tenunan lokal seperti pakaian adat etnis masing-masing siswa", kata Yohanes.

Dia menjelaskan, perlu ditanamkan kecintaan anak-anak didik kita terhadap kekayaan budaya warisan leluhur yang harus dilestarikan ditengah perkembangan dan kemajuan teknologi seperti sekarang ini. 

Yohanes menambahkan, dari 97 siswa/siswi kelas VI SDK Santo Arnoldus Penfui yang menerima hasil kelulusan dan dilepaskan hari ini merupakan representasi kekayaan budaya NTT maupun Indonesia sesungguhnya.

Dia memastikan, ke 97 siswa/siswi yang lulus dan dilepas tahun ini akan mampu bersaing dan siap mengikuti proses pembelajaran ke jenjang berikutnya karna sejak mendaftar hingga saat ini mereka dilepas secara lengkap tanpa ada yang ketinggalan atau keluar dengan alasan tertentu.

 

"Jadi hari ini kami melepas sebanyak 97 siswa/siswi kelas VI sesuai jumlah saat awal mereka masuk mendaftar sebagai pelajar di SDK Santo Arnoldus Penfui Kupang. Tidak ada yang kurang", tegasnya.

 

Dirinya berharap, para siswa siswi yang saat ini adalah alumni SDK Santo Arnoldus Penfui tahun pelajaran 2023-2024 ini adalah anak-anak yang beriman dan berkarakter karena sudah dipersiapkan secara matang. 

 

"Kami pihak sekolah terutama para guru tidak ragu lagi dengan anak-anak yang sudah kami bina dan didik. Mereka punya karakter, hebat dan luar biasa yang memiliki ciri khas khusus SDK Santo Arnoldus Penfui Kupang," ungkap Yohanes.

Editor : Sefnat Besie

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network