Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dan BKKBN NTT Gelar Kampanye Pencegahan Stunting di Kabupaten TTU

Isto Santos
Waketum Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena dan BKKBN Provinsi NTT gelar Sosialisasi penanangan stunting di Kefamenanu (Foto: iNewsTTU.i/Isto Santos).

Dalam konteks penanganan stunting, katanya, ada dua pendekatan yang harus dipertimbangkan, yaitu intervensi spesifik dan sensitif.

Intervensi spesifik melibatkan program-program kesehatan ibu dan anak, seperti pemberian makanan tambahan (PMT) dan tablet tambah darah (TTD) untuk remaja putri.

Intervensi ini bisa berpengaruh hingga 30% dalam mencegah stunting. Namun, 70% lainnya berkaitan dengan faktor-faktor di luar kesehatan, seperti akses makanan, suasana lingkungan, dan jumlah anak dalam keluarga.

Untuk mengatasi faktor-faktor luar tersebut, BKKBN memberikan edukasi kepada keluarga tentang bagaimana memanfaatkan sumber daya lokal.

Dalam hal ini, ada tiga hal yang ditekankan: kolam, kandang, dan kebun. Kolam air tawar dan sumber pangan lokal seperti ikan dan ternak ayam dapat memberikan sumber protein yang penting. Keluarga diajarkan untuk mengembangkan sumber pangan ini di sekitar rumah mereka.

"Nah, kalau dari aspek BKKBN kita selalu memberikan edukasi bagaimana keluarga memanfaatkan apa yang ada di sekitar. Jadi kembangkan 3K itu; kolam, kandang, dan Kebun. Karena disitu sumber gizi sebenarnya," ungkap dia.

Selain itu, katanya, program "Dapur Sehat Atasi Stunting" memberikan contoh cara menyiapkan makanan sehat dari sumber pangan lokal yang kaya gizi. Hal ini bertujuan untuk mengajak keluarga untuk kembali memasak di rumah daripada membeli makanan instan di luar.

Program ini juga mendorong orangtua untuk memastikan anak-anak mereka sarapan sebelum pergi ke sekolah, bahkan jika harus membawa sarapan ke sekolah.

Editor : Sefnat Besie

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network