Secercah Asa dari Pertamina di Balik Lika-liku UMKM Terdampak Covid dan Seroja

Sefnat P. Besie
Yuni Frida Djen Penu, warga asal Jalan M. Praja, RT 022/Rw.007 kelurahan Alak, Kecamatan Alak Kota Kupang saat sedang mengolah Abon ikan Tuna. Foto: iNewsTTU.id/Sefnat

"Dari 50 kg bahan baku ikan tuna, kita buat abon dan dijual kembali dalam kemasan 200gr/60.000 maka kita bisa mendapat hasil Rp15 juta rupiah dikurangi modal Rp3 juta rupiah sehingga keuntungan yang didapat mencapai Rp12 juta rupiah/bln,"ungkapnya.

Bagi Yuni, Pertamina adalah Juru selamat bagi usahanya, bahkan Pertamina membawa energi baru bagi dunia usahanya, sebab di tengah keterbatasan modal dan fasilitas pendukung, justru ada-ada saja bala bantuan yang datang tak terduga.

 "Bagi saya, Pertamina membawa energi baru dalam dunia usaha kami, bahkan pertamina jadi Juru selamat dalam usaha kami, saat ini, saya dan rekan rekan sangat senang, bisa berkembang lagi pasca dihantam covid dan seroja,"ungkap ibu empat anak ini.

Yuni berencana membuka sayap usahanya ke lokasi lain agar keuntungan yang ia peroleh bisa berlipat ganda, bahkan bisa membuka lapangan kerja bagi sesama.

 

CSR Pertamina FT Tenau Sasar UMKM Mati Suri dan Transplantasi Terumbu Karang
 


Pertamina FT Tenau Kupang dalam bingkai penyerahan CSR pengembangan UMKM dan kegiatan Transplanasi Terumbu karang. Foto: istimewa.

 

Bentuk tanggung jawab sosial kepada Usaha Mikro Kecil Menengah yang mati suri digulung badai seroja maupun Covid dari perusahaan ternama sekelas Pertamina tak perlu diragukan lagi.

Melalui program Corporate Social Responsibility, (CSR) Tahun 2023 dari Pertamina FT Tenau Kupang menyalurkan tanggung jawab sosialnya pada dua sasaran penting sesuai hasil penelusuran Pertamina sebelumnya. 

Sasaran Pertama adalah Kembang Gulak atau Kolaborasi Pengembangan Gabungan Usaha Mikro Kecil Menengah dan sasaran kedua adalah pelestarian terumbu karang. 

Rois Amsari, SPv. HSSE pada Pertamina Fuel Terminal, (FT) Tenau menuturkan, Program Utama CSR tahun ini ditujukan untuk kembang gulak dan Lembu berseri

Ia menceritakan, untuk sasaran kembang Gulak atau Kolaborasi pengembangan Gabungan Usaha Mikro Kecil Menengah berada di Kelurahan Alak. Salah satu UMKM yang juga terdampak seroja dan covid bahkan sempat berhenti aktifitas usahanya. 

"Kita Sasar UMKM yang terhenti karena efek seroja dan COVID dengan tujuan memandirikan UMKM seperti Kelompok Usaha Bersama, (KUB) Ikan terbang ibu Yuni di Kelurahan Alak,"tandasnya. 

Editor : Sefnat Besie

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network