Gereja Makam Suci Dipercaya Sebagai Tempat Yesus Kristus Dikuburkan

Isto Santos
Church of Holy Sepulchre (Foto: Istimewa).

Batu Urapan
Di dalam pintu masuk gereja terdapat Batu Urapan, yang diyakini sebagai tempat jenazah Yesus disiapkan untuk penguburan. Mosaik modern di sepanjang dinding menggambarkan pengurapan tubuh Yesus. Lampu dengan lilin dan dupa digantung di sepanjang dudukan berornamen di atas batu.

Aedicule
Aedicule adalah kapel kecil tempat Makam Suci. Itu memiliki dua ruangan - satu memegang Batu Malaikat, diyakini sebagai pecahan batu yang menyegel makam Yesus, yang lainnya adalah makam Yesus.

Setelah abad ke-14, sebuah plakat marmer di atas makam tersebut sekarang melindunginya dari kerusakan lebih lanjut yang disebabkan oleh kawanan peziarah.

Umat ​​​​Katolik Roma, Ortodoks Timur, dan Apostolik Armenia semuanya memiliki akses yang sah ke bagian dalam makam, dan ketiganya mengadakan Misa Kudus di sana setiap hari.

Antara Mei 2016 dan Maret 2017, Aedicule menjalani restorasi dan perbaikan yang telaten setelah strukturnya untuk membuat struktur tersebut kembali aman bagi pengunjung .

Pada Sabtu Suci, upacara Api Kudus berlangsung. Sang patriark memasuki edicule, di mana Api Paskah dinyalakan dan kemudian berpindah dari tangan ke tangan. Ini disaksikan oleh penulis sejarah Ekkehard of Aura pada tahun 1101 dan Caffaro pada tahun 1102.

Makam Suci tetap merupakan kompleks struktur yang menarik dan merupakan kunci penting untuk beberapa fase sejarah arsitektur abad pertengahan, 'imitasi' sedang dibangun di seluruh Eropa.

Saat ini, Gereja Makam Suci adalah salah satu landmark utama Yerusalem dan terus menarik banyak peziarah dan pengunjung.

Editor : Sefnat Besie

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network