Gereja Makam Suci Dipercaya Sebagai Tempat Yesus Kristus Dikuburkan

Isto Santos
Church of Holy Sepulchre (Foto: Istimewa).

Pada tahun 326, ibu Konstantinus, Santa Helena, berziarah ke Yerusalem, di mana, menurut legenda, dia menemukan peninggalan salib Yesus yang asli yang digunakan penyaliban Yesus Kristus ("Salib Sejati").

Kisah penemuan salib sudah ada di awal abad kelima, dan pada abad ke-11, sebuah gua jauh di bawah reruntuhan basilika kemudian dikenal sebagai Kapel Penemuan Salib.

Pada tahun 614, tentara Persia menghancurkan gereja dan Salib Sejati diambil, tetapi pada tahun 631 kaisar Bizantium Heraclius merundingkan pengembaliannya.

Kubah interior penaklukan Arab pada tahun 638 awalnya tidak terlalu mengganggu, karena umat Kristen diperlakukan dengan toleransi, tetapi 300 tahun kemudian pintu masuk ke basilika diubah menjadi masjid, dan pada tahun 966 kubah tersebut dihancurkan oleh api selama kerusuhan anti-Kristen.

Pada tahun 1009, khalifah Fatimiyah al-Hakim yang fanatik memerintahkan penghancuran gereja.

Kaisar Bizantium Konstantinus IX Monomachus (1042–1055) mendanai pembangunannya kembali, tetapi dengan rencana yang berbeda, dengan pintu masuk di sisi selatan.

Ini adalah gereja yang menarik peziarah dari seluruh dunia Kristen pada akhir abad ke-11, dan selama sebagian besar periode itu para penguasa Muslim di kota itu memperlakukan mereka dengan baik.

Altar penyaliban hanya setelah kota itu direbut oleh Turki Seljuk pada tahun 1077, desas-desus mulai beredar bahwa peziarah Kristen diperlakukan dengan buruk dan tidak diberi akses ke gereja.

Pembebasan tempat-tempat suci, yang utamanya adalah Makam Suci, merupakan motivasi penting bagi Perang Salib Pertama antara tahun 1096 dan 1099.

Setelah kota direbut oleh tentara salib pada tahun 1099, saksi mata menceritakan bagaimana orang-orang yang selamat dari ekspedisi berdoa di Gereja Makam Suci, yang menurut mereka tidak biasa karena terbuka ke langit.

Selama setengah abad berikutnya, Konstantinus IX Monomachus gereja sebagian besar dibangun kembali.

Kapel Penghinaan meskipun tapak bangunan dipertahankan, gereja memperoleh atribut katedral dengan model Barat. Taman suci menjadi basilika gereja tentara salib, dan batu karang Golgota diberi kapelnya sendiri.

Gereja Makam Suci ditahbiskan kembali pada tanggal 15 Juli 1149, 50 tahun setelah penaklukan Yerusalem oleh Perang Salib Pertama, tetapi sebenarnya pekerjaan pembangunan dilanjutkan selama beberapa tahun sesudahnya. Namun demikian, gereja tentara salib pada dasarnya adalah gereja yang terlihat hari ini.

Gereja tentara salib menarik sejumlah besar peziarah, yang masuk dan peredarannya harus dikontrol: pintu kembar masih dapat dilihat, meskipun ambang pintu yang diukir rumit tempat para peziarah dipindahkan setelah gempa bumi tahun 1927 dan sekarang berada di Rockefeller. Museum di Yerusalem.

Batu perapian pintu sebelah kanan diblokir setelah Muslim merebut kembali kota tersebut pada tahun 1187. Namun, bahkan selama periode pendudukan Muslim, para peziarah tetap diperbolehkan masuk ke situs tersebut, dan memang para pemimpin Barat sangat ingin menegosiasikan hak masuk.

Beberapa ciri gereja abad pertengahan tidak dapat lagi dilihat—misalnya makam penguasa pertama, Godfrey of Bouillon dan Baldwin I, yang dipindahkan pada awal abad ke-19 ketika orang Yunani sedang melakukan pekerjaan restorasi.

Semua raja Yerusalem hingga tahun 1187 (kecuali Ratu Melisende) dimakamkan di Kapel Kalvari.

Seperti yang diungkapkan peta abad ke-12, Makam Suci di Yerusalem adalah fokus spiritual Susunan Kristen dan pusat ziarah terpentingnya. Gereja ditata untuk memungkinkan peziarah berpindah dari kapel ke kapel, kunjungan mereka berpuncak pada Makam Suci itu sendiri.

Kolom Lama di Golgota, untuk menandai selesainya ziarah mereka, mereka akan meninggalkan salib yang telah mereka bawa dalam perjalanan, dan tumpukan besar salib ini akan dibakar pada Malam Paskah.

Editor : Sefnat Besie

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network