Penikmat Kopi Perlu Tahu, 5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Silfia Harahap
Manfaat Kopi (Foto: Ilustrasi Kopi)

BALIKPAPAN, INEWSTTU.ID- Ternyata kopi memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia bahkan ampas kopi saja bermanfaat apalagi kopi yang langsung oleh penikmat kopi.

Manfaat minum kopi ternyata banyak untuk kesehatan tubuh, bukan hanya sebagai penghilang kantuk. Kopi sering dijadikan teman sarapan bagi beberapa orang. Selain karena rasanya yang enak, kopi juga kaya antioksidan dan nutrisi sehingga berdampak positif bagi kesehatan. Pada secangkir kopi mengandung vitamin B2, B5, mangan, kalium, magnesium dan niasin.

Bahkan jika mengonsumsi kopi dalam jumlah yang tepat dapat membantu menurunkan risiko penyakit serius. Berikut manfaat Minum Kopi:

1. Membantu Meningkatkan Energi
Pada kopi mengandung stimulan yang disebut kafein, zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia. Kafein tersebut diserap ke dalam aliran darah yang membantu meningkatkan kewaspadaan, suasana hati hingga tingkat energi.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Minum kopi secara rutin dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Meminum empat atau lebih cangkir kopi per hari diklaim dapat menurunkan 20% risiko stroke daripada dengan orang tidak minum kopi sama sekali. Apabila meminum kopi secara rutin dalam dosis sedang tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan kardiovaskular.

3. Menurunkan Risiko Kanker
Manfaat kopi diduga bisa menurunkan kanker hati dan kanker kolorektal, peminum kopi memiliki risiko kanker hati 40% lebih rendah. Seperti yang diketahui, kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia yang mana gejalanya ditandai dengan pertumbuhan sel tak terkendali pada tubuh. Kopi mungkin bisa menjadi solusi pencegahan munculnya gejala kanker tadi.

Editor : Sefnat Besie

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network