Hemat BBM, Pemerintah Bakal Gunakan Mobil Listrik Jadi Kendaraan Dinas, Simak Spesifikasi dan Harga

Muhamad Fadli Ramadan
Mobil listrik resmi menjadi kendaraan dinas pemerintah menyusul terbitnya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tahun 2022. Foto: Biro Pers Setpress


JAKARTA, INEWS.TTU.ID– Hemat BBM, Pemerintah Bakal Gunakan Mobil Listrik Jadi Kendaraan Dinas Pemerintah, Simak Spesifikasi dan Harganya.

Hal ini diatur melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Pemerintah.

Inpres tersebut diterbitkan dengan tujuan agar para pejabat pemerintahan bisa menjadi contoh bagi masyarakat Indonesia dalam mempercepat penggunaan kendaraan listrik di Indonesia dan target net zero emission pada 2060.

Melalui kebijakan tersebut pemerintah pusat dan daerah sudah bisa melakukan pengadaan anggaran untuk mobil listrik. Tak hanya itu, pemerintah Indonesia juga menjadikan mobil listrik sebagai kendaraan resmi dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali.

Daftar Mobil Listrik yang Bakal Dijadikan Kendaraan Dinas Pemerintah

Kira-kira mobil apa saja itu? Dirangkum iNews.id, berikut deretan mobil lisrik yang dijadikan kendaraan dinas.
1. Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5
 


Hyundai Ioniq 5 bakal menjadi salah satu pilihan mobil listrik dinas pemerintah. Foto Ist
 

Mobil listrik ini bisa menjadi pilihan bagi pejabat tinggi negara karena memiliki teknologi yang canggih dan fitur-fitur terkini. Desainnya juga terlihat sangat futuristik, sehingga tak menghilangkan kewibawaan seorang pejabat.

Hyundai Ioniq 5 memiliki dua varian, yakni Prime dan Signatur, dengan dua opsi standard range dan long range. Untuk tipe tertinggi, mobil listrik ini dilengkapi baterai Lithium-ion berkapasitas 58 kWh yang dapat menempuh jarak 451 km.

Sementara untuk sistem keamanan, Hyundai Ioniq 5 dilengkapi Hyundai Smartsense, Advance Driver Assistance System (ADAS), Forward Collision Avoidance Assist (FCA), serta Lane Following Assist (LFA), sehingga membuat pejabat negara tetap tenang.

Di G20 Hyundai menyiapkan seikitnya 300 unit mobil listrik Ioniq dan Ioniq 5 yang akan menjadi kendaraan resmi pejabat dari dalam dan luar negeri.


Daftar harga mobil listrik G20 Hyundai

- Prime Standard Range Rp748 juta
- Prime Long Range Rp 789 juta
- Signature Standard Range Rp809 juta
- Signature Long Range Rp859 juta

 

2. Mobil Listrik Lexus UX 300e


Lexus UX 300 e menjadi salah satu pilihan mobil listrik kendaraan dinas pemerintah. Ist
 


Mobil listrik mewah ini bisa menjadi pilihan bagi para pejabat negara demi merealisasikan Inpres Nomor 7 Tahun 2022. Lexus UX 300e juga digunakan dalam gelara KTT G20 di Bali pada November mendatang untuk mengangkut para petinggi negara yang hadir. Toyota menyiapkan 143 unit.

Lexus UX 300e sendiri sudah dipasarkan di Indonesia sejak November 2020, yang merupakan compact luxury Crossover berteknologi tinggi full listrik pertama dari Lexus. Kapasitas baterai sebesar 54,3 kWh, mobil ini dapat menempuh jarak 400 km hanya dalam sekali pengisian.

Untuk sistem keamanan dan kenyamanannya, Lexus UX 300e sudah tidak bisa diragukan lagi karena memiliki 10 titik airbag dan teknologi keamanan tingkat tinggi lainnya. Tampilan elegan juga dapat menambah kewibawaan para pejabat yang menungganginya. Lexus UX 300e dibanderol Rp1,245 miliar.


3. Mobil Listrik Nissan Leaf
 


Nissan Leaf menjadi salah satu pilihan kendaraan dinas pemerintah. Ist.
 

Selanjutnya ada Nissan Leaf yang dapat dijadikan pilihan para pejabat sebagai mobil listrik pertama mereka untuk dijadikan kendaraan dinas. Mobil ini juga memiliki sejumlah fitur keselamanan mumpuni yang dapat melindungi pejabat jika terjadi kecelakaan.

Nissan Leaf dilengkapi dengan baterai sebesar 40 kWh dan mampu menempuh jarak maksimal 311 km dengan daya penuh. Pengisiannya juga cukup mudah dengan Easy Charging yang dapat dilakukan di rumah dan On The Go.

Mobil listrik ini sangat cocok untuk para pejabat daerah yang belum terdapat banyak infrastruktur stasiun pengisian baterai. Namun, dengan pengisian di rumah maka membutuhkan waktu lebih panjang untuk baterai terisi penuh.

Editor : Sefnat Besie

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network