get app
inews
Aa Read Next : Demi Keamanan, Yanri Alion Faot Napi yang Ditangkap Usai Kabur Dititipkan di Rutan Kelas IIB Kupang

Ipda Rudy Soik Dipecat dari Anggota Polri, ini Fakta yang Memberatkannya

Minggu, 13 Oktober 2024 | 20:36 WIB
header img
Kabid Humas Polda NTT, Kombes Ariasandy memberikan keterangan pers kepada media terkait pemecatan Ipda Rudy Soik. Foto : iNewsTTU.id/ Rudy Rihi

KUPANG,iNewsTTU.id- Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) membuka sejumlah fakta yang memberatkan sehingga Ipda Rudy Soik dipecat dari institusi Polri.

Dalam jumpa pers yang digelar di lobby Humas Polda NTT Minggu (13/10/2024), Kabid Humas Polda NTT, Kombes Ariasandy, menjelaskan pelaksanaan sidang kode etik
digelar pada 10-11 Oktober 2024 di gedung Direktorat Tahti Lantai II Polda NTT.

Ipda Rudy Soik, anggota Pama Yanma Polda NTT disidang dengan 7 dakwaan yang memberatkannya, salah satunya dugaan pelanggaran terkait dengan prosedur penyidikan.

"Pemeriksaan sidang kode etik tersebut bertujuan untuk memeriksa dan mendengarkan keterangan saksi-saksi, alat bukti dan keterangan terduga pelanggar, Ipda RS. Sehingga hasil pemeriksaannya yang bersangkutan dinyatakan terbukti bersalah, maka dijatuhi sanksi berupa perilaku pelanggar dinyatakan sebagai perbuatan tercela dan di-PTDH (pemberhentian tidak dengan hormat) dari dinas Polri," tegas Kabud Humas.

Ariasandy mengatakan saat proses pemeriksaan dalam persidangan, kuasa hukum Rudy Soik menanggapi secara lisan tuntutan penuntut yang pada intinya meminta maaf kepada institusi Polri atas perbuatan terduga pelanggar karena telah mencoreng nama baik institusi Polri. Kemudian tindakan Rudy Soik tidak kooperatif, tidak sopan dalam persidangan dan meninggalkan ruangan persidangan.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut