get app
inews
Aa Read Next : Viral di Media Sosial, Kisah Pernikahan Beda Usia di Plered Cirebon Jadi Perbincangan

Viral Letusan Gunung Dukono Nyaris Mengenai Pendaki tanpa Izin, Begini Tanggapan PVMBG!

Selasa, 20 Agustus 2024 | 15:19 WIB
header img
Video detik-detik menegangkan saat para pendaki nyaris terkena semburan material erupsi Gunung Dukono di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Foto: Instagram

JAKARTA, iNewsTTU.id - Video detik-detik menegangkan saat para pendaki nyaris terkena semburan material erupsi Gunung Dukono di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, menjadi viral di media sosial. 

Peristiwa ini terjadi ketika para pendaki hendak merayakan HUT ke-79 RI di puncak gunung berapi aktif tersebut.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merespons kejadian ini dengan menyatakan bahwa otoritas kegunungapian telah mengidentifikasi adanya pendakian tanpa izin di kawasan berbahaya.

"Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dukono menyebutkan bahwa mereka beruntung dapat menyelamatkan diri dari abu letusan saat itu," tulis PVMBG dalam keterangan resminya pada Selasa (20/8/2024).

PVMBG telah mengeluarkan rekomendasi terkait aktivitas vulkanis yang menyatakan bahwa tidak boleh ada aktivitas individu, termasuk pendaki, mendekati kawah Malupang dalam radius 3 km dari puncak. Meskipun terpantau adanya letusan, status aktivitas vulkanis Gunung Dukono masih berada pada Level II Waspada.

PVMBG menyatakan bahwa Gunung Dukono saat ini mengalami erupsi terus-menerus dan pendakian tidak diperbolehkan. Oleh karena itu, masyarakat, wisatawan, atau pendaki diimbau untuk mematuhi rekomendasi, khususnya zona bahaya yang telah ditentukan.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut