get app
inews
Aa Read Next : Marciana Djone Serahkan Sertifikat Indikasi Geografis Tenun Ikat Fehan Malaka

Pj. Walikota Kupang Bertemu Delegasi Menteri Muda Seni Budaya Timor Leste

Jum'at, 02 Agustus 2024 | 17:50 WIB
header img
Pj. Walikota Kupang Audiensi Bersama Delegasi Menteri Muda Seni Budaya Timor Leste. Foto : iNewsTTU.id/ Rudy Rihi

KUPANG,iNewsTTU id- Pj. Walikota Kupang, Fahrensy Funay bersama Pj. Sekretaris Daerah Kota Kupang Adi Manafe, menerima kunjungan Menteri Muda Seni dan Budaya Timor Leste Jorge Soares Cristovao, bersama rombongan di kantor Walikota Kupang, Jumat (2/8/2024).

Dalam kesempatan ini, Jorge Soares Cristavao yang diwakili oleh Direktur Excecutif Centro Nasional Chega Institute Public (CNC’IP), Hugo Maria Fernandez mengatakan kunjungan mereka kali ini dalam rangka kegiatan pertukaran budaya antar kedua negara, lewat Festival Fronteira yang akan dihelat pada Oktober 2024 dan lewat ajang ini diharapkan rasa persaudaraan kedua negara ini semakin kuat, Festival ini direncanakan berlangsung di Distrik Oecusse ( baca : Oekusi_red) perbatasan RI- RDTL.

" Presiden Ramos Horta meminta agar  diadakan pertukaran budaya, untuk mempererat rekonsiliasi kedua negara,  terutama menyangkut putra putri kelahiran Tiles yang kini menjadi WNI, awalnya kami memberi judul mempromosikan rekonsiliasi tetapi Presiden mengatakan rekonsiliasi sudah berjalan, tetapi sekarang bagaimana menjembatani agar lewat festival ini menjadi pertemuan komunikasi antar kedua negara,"Ujar Hugo.

Lanjut Hugo, pemerintahannya juga telah bekerjasama dengan kampus- kampus di NTT seperti Undana dan Unwira, pihaknya jiga telah bertemu veteran perang, tokoh Timor Leste dan masyarakat NTT di Timor Leste dan orang Timor Leste sendiri guna membahas festival yang akan digelar pada bulan Oktober 2024 mendatang  yang merupakan festival kedua setelah 2023 lalu.

"  Tujuannya agar masyarakat Timor Leste di Kupang atau masyarakat Indonesia di Timor Leste bisa mengetahui hasil rekonsiliasi ini karena banyak masyarakat yang memberi masukan, minimnya informasi hasil rekonsiliasi. Kami berharap penjabat Walikota Kupang berkenan mengirimkan delegasi untuk berpartisipasi dalam festival yang akan diadakan Oktober mendatang," Tambah Hugo.

Sementara itu Pj. Walikota Kupang Fahrensy Funay menyambut baik rencana kegiatan festival tersebut agar semua etnis budaya yang ada di Kota Kupang dapat melebur menjadi satu dan memperkokoh kebersamaan.

" Kami sambut baik kunjungan ini dan kita harap kerjasama kita semakin baik, Kota Kupang merupakan kota multi etnis dan rumah bagi semua suku, kita harap persaudaraan kita makin kokoh lewat festival ini," Ujarnya.

 

 

 

 

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut