get app
inews
Aa Read Next : Tim Sepak Bola NTT Optimistis Lolos ke 8 Besar Setelah Bermain Imbang di Laga Pembuka PON XXI 2024

Gunung Lewotobi Laki-Laki di NTT Kembali Begolak, Muntahkan Abu Vulkanis Setinggi 1.000 Meter

Senin, 15 Juli 2024 | 09:27 WIB
header img
Gunung Lewotobi Laki-Laki erupsi pagi ini. Tinggi letusan mencapai 1.000 meter dari puncak. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNews.id - Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali mengalami erupsi pada Senin (15/7/2024) pukul 06.37 WITA. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat bahwa gunung api aktif tersebut menyemburkan abu vulkanis setinggi 1.000 meter atau 1 km di atas puncak.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api, Herman S. Mboro, dalam laporannya menyebut bahwa kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya dan barat. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung.

“Terjadi erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki pada hari Senin, 15 Juli 2024, pukul 06:37 WITA. Tinggi kolom letusan teramati ± 1.000 meter di atas puncak (± 2.584 meter di atas permukaan laut),” ujarnya, Senin (15/7/2024).

Sementara itu, Herman meminta masyarakat sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki dan pengunjung atau wisatawan agar tidak beraktivitas apa pun dalam radius 2 km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki serta jarak sektoral 3 km pada arah Utara-Timur Laut dan 5 km di sektor Timur Laut.

“Masyarakat agar tenang dan mengikuti arahan pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya,” katanya.

Herman juga meminta masyarakat sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

“Masyarakat yang terdampak hujan abu Gunung Lewotobi Laki-Laki agar memakai masker atau penutup hidung-mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanis pada sistem pernapasan,” ucapnya.


 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut