get app
inews
Aa Read Next : Lapas Perempuan Kupang dan BNNP NTT Gelar Tes Urine untuk Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Ketua PPK Alak Berharap Petugas Pemutakhiran Data Pemilih dapat Bekerja Profesional

Senin, 24 Juni 2024 | 13:40 WIB
header img
Ketua PPK Alak, Yustus Lona ( Kelima dari kanan) bersama Tim PPS Kelurahan Mantasi, Kelurahan Manutapen dan Kelurahan Manulai II. Foto : iNewsTTU.id/ Rudy Rihi

KUPANG,iNewsTTU.id-Komisi Pemilihan Umum Kota Kupang, melalui Panitia Pemungutan Suara ( PPS) Se Kota Kupang, telah melantik Petugas pemutakhiran data pemilih atau Pantarlih  yang akan bertugas untuk melakukan pencocokan dan penelitian ( Coklit) pada Pilkada 27 November 2024 mendatang.

Pelantikan dan Bimbingan Teknis ( Bimtek) Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Pemilihan Gubernur/ Wakil Gubernur dan Walikota/ Wakil Walikota Kupang tahun 2024 ini berlangsung di Hotel Harper Kupang, Senin (24/6/2024).

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK) Alak, Yustus Lona disela- sela proses Bimtek berharap agar para petugas Pantarlih dapat bekerja secara profesional, karena petugas Pantarlih merupakan garda terdepan dalam proses pemutakhiran data pemilih khususnya di Kecamatan Alak.

" Harapan kami sebagai PPK Alak, bimtek hari ini bisa diserap dengan baik materinya dan pantarlih perlu memperhatikan, bahwa setelah bimtek ini, pertama yang akan dilakukan petugas adalah coklit secara serentak dengan target hari ini satu pantarlih mendapatkan tiga kepala keluarga yang dicoklit. dengan mekanisme terlebih dahulu melaporkan diri ke RT setempat sekaligus ketua RT bersama keluarga yang punya hak pilih dicoklit,  setelah itu supaya mekanisme ini bisa maksimal, nanti pantarlih bisa langsung melakukan coklit pada dua rumah di sekitar rumahnya ketua RT, supaya mencapai tiga kepala keluarga sesuai dengan target secara nasional," Ujar Yustus.

Yustus Lona menambahkan agar pantarlih yang bertugas dapat memahami teknis tata cara pengisian modul yang dipegangnya,  juga pantarlih harus memahami pengisian aplikasi E Coklit via handphone, karena pantarlih harus melaporkan progress coklit mereka setiap hari.

" Harapan kami teman-teman pantarlih bisa mencapai target, walaupun jangka waktunya 1 bulan tapi jangan berpikir bahwa bisa menunda pekerjaan ini. kalau hari ini dimulai dengan serentak besok dan seterusnya harus konsisten, karena setiap hari kami harus mendapat laporan. karena coklit kali ini berbeda dengan coklit pada pemilu yang lalu dimana laporannya berkala tujuh hari, tapi kali ini setiap hari harus ada laporan di aplikasi coklit. apalagi aplikasi ini sudah dilengkapi dengan laporan harian artinya setiap hari harus ada progress," Tambahnya.

Untuk diketahui pemilih di Kota Kupang saat ini berjumlah 277.311 orang dengan pemilih di Kecamatan Alak berjumlah 51.951 dan akan ada 205 petugas Pantarlih yang akan mendata pemilih di 104 TPS yang tersebar di Kecamatan Alak.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut