get app
inews
Aa Read Next : Menteri PUPR: Presiden Terpilih akan Dilantik di Ibu Kota Nusantara

Taksi Terbang Bakal Uji Coba di Langit IKN sebelum 17 Agustus 2024

Jum'at, 09 Februari 2024 | 19:43 WIB
header img
Taksi Terbang Bakal Uji Coba di Langit IKN sebelum 17 Agustus 2024. Foto: istimewa.


Samarinda, iNewsTTU.id - Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (Otorita IKN) bersama Kementerian Perhubungan melakukan survei lokasi proof of concept (PoC) atau uji coba mobilitas udara perkotaan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, dan Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda.

Kegiatan ini melibatkan Korean Aerospace Research Institute (KARI) dan Hyundai Motors Company (HMC).

Survei ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi lokasi dan mengumpulkan data untuk keperluan PoC, serta melakukan survei sisi udara di masing-masing bandara. Hyundai Motors Company sebelumnya telah menandatangani nota kesepahaman dengan Otorita IKN untuk membangun ekosistem Advanced Air Mobility di Indonesia.

Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi, menyatakan dukungan kuat terhadap inisiatif kolaborasi antara bandara di Kalimantan Timur dengan perusahaan internasional. Salah satunya adalah implementasi uji coba mobilitas udara perkotaan yang akan segera direalisasikan.

"Pengujicobaan moda mobilitas udara perkotaan ini dilaksanakan sebelum HUT ke-79 RI di 2024 mendatang. Momentum ini hanya ada melalui pembangunan IKN dan harus dimanfaatkan," kata Mohammed Ali Berawi.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut