get app
inews
Aa Read Next : PKB Tetapkan Agustinus Siki Sebagai Wakil Ketua II DPRD Kabupaten TTU Periode 2024-2029

Menteri PUPR: Presiden Terpilih akan Dilantik di Ibu Kota Nusantara

Sabtu, 06 April 2024 | 09:27 WIB
header img
Institusi Polri pada tahun 2024 secara bertahap akan mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. (Foto: ist)


JAKARTA, iNewsTTU.id--Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengungkapkan bahwa presiden terpilih berikutnya akan dilantik di Ibu Kota Nusantara (IKN), berdasarkan pertimbangan kesiapan infrastruktur yang sedang dibangun.

Menurut Basuki, saat ini Kementerian PUPR sedang fokus membangun infrastruktur dasar untuk persiapan pemindahan pusat ibu kota yang direncanakan akan dimulai pada bulan Agustus mendatang.

"Pelantikan Presiden (baru) rencana di sana (IKN)," ujar Basuki kepada awak media di Kompleks DPR, pada Selasa (2/4/2024).

Basuki juga menjelaskan bahwa dalam rangkaian kegiatan peringatan 17 Agustus, pidato kenegaraan pada tanggal 16 Agustus masih akan dilakukan di Jakarta. Namun, upacara peringatan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus akan dilaksanakan di IKN.

"Walaupun acara 17 Agustus di IKN, kemungkinan besar pidato kenegaraan tetap dilakukan di sini," tambahnya.

Sementara itu, Basuki mengungkapkan bahwa hingga saat ini, gedung DPR belum termasuk dalam tahap konstruksi di IKN. Bahkan, belum ada rencana pembangunan gedung DPR yang terdaftar dalam proyek-proyek yang direncanakan hingga tahun 2024.

"Data yang saya terima dari Menteri Sekretaris Negara, dari 31 organisasi yang menurut Undang-Undang berada di Ibu Kota, baru 3 yang sudah groundbreaking. Itu BI, BPJS, dan OJK, yang lain belum ada. Seperti DPR, MPR, DPD, itu belum ada (dalam daftar pembangunan)," jelas Basuki.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut