get app
inews
Aa Read Next : Ikut Ibadah di Stasi Banopo TTU, Ini Ungkapan Hati Ketua Koordinator Sto Tomas Jakarta

Romo Warsito Temukan Titik Sumber Air, Bangkitkan Asa Warga Dusun Banopo TTU

Minggu, 28 Januari 2024 | 09:59 WIB
header img
Romo Warsito Temukan Sumber Air, Bangkitkan Asa Warga Dusun Banopo TTU. Foto: iNewsTTU.id/Sefnat

KEFAMENANU, iNewsTTU.id--Dua titik Sumber air ditemukan oleh Romo warsito saat dideteksi menggunakan sebuah alat bernama Pendulum di dalam kebun kelompok Tani Sehati di Dusun Banopo di Desa Tublopo, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara NTT.

Setelah ditemukan titik Sumber air tersebut, Ketua kelompok Tani sehati, Frater Herman Ginting telah berupaya melakukan pengeboran sedalam 42 meter dan hasilnya kini telah dimanfaatkan sejak Oktober Tahun 2023 silam untuk mengembangkan pertanian dan perkebunan di lahan seluar 4 hektar.

"Tahun lalu saya sudah datang dan cari Sumber air di tempat ini, nah hari ini saya diundang lagi datang di Dusun Banopo untuk memastikan benar atau tidak, dan ternyata benar Sumber air disini debitnya cukup besar, debitnya 400 meter kubik perhari," terang Romo Warsito di Dusun Banopo, Jumat, 26 Januari 2024.

Besarnya debit air itu, sudah bisa dimanfaatkan untuk menyiram tanaman di kebun kelompok Tani hingga musim panas sekalipun.

Selain dimanfaatkan untuk menyiram tanaman, air ini sudah bisa dimanfaatkan oleh warga Dusun Banopo, pasalnya, warga Dusun itu sebelumnya mengalami Kekeringan yang cukup lama, mereka memanfaatkan sumber air dari kali yang dijangkau dengan berjalan kaki cukup jauh.

Namun semenjak adanya sumur bor di Dusun  Banopo, asa warga Dusun Banopo kembali bangkit termasuk membangkitkan ekonomi di Wilayah itu.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut