get app
inews
Aa Read Next : Agroteknologi Unimor Tanggap Kondisi Iklim Global dengan Penghijaun di Desa Sunsea

Program Pengabdian Dosen dan Mahasiswa Agroteknologi Unimor Bawa Inovasi Pertanian ke Desa Sunsea

Sabtu, 20 Januari 2024 | 05:57 WIB
header img
Proses pembuatan pupuk kompos biochar di Desa Sunsea (Foto: iNewsTTU.id/Isto Santos).

Kepala Desa Sunsea, Fidelis K. N. Teme, menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan oleh Program Studi Agroteknologi, Unimor, mengakui bahwa kegiatan tersebut sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Sunsea.

Dari materi dan rangkaian kegiatan, ia menyatakan dukungan penuh dari masyarakat Desa Sunsea terhadap kegiatan tersebut.

"Kita senang dengan program ini, karena pada umumnya masyarakat di Desa Sunsea adalah petani," kata Fidelis.

Ia melihat kegiatan ini sebagai contoh yang dapat dijadikan landasan untuk masa depan. Sebagai Kepala Desa terpilih, dia menyatakan niat untuk membuat langkah-langkah yang mendukung pembukaan jaringan dan pengembangan.

Pihaknya juga meminta bantuan dan kolaborasi dari Unimor, khususnya Program Studi Agroteknologi, untuk pengembangan petani milenial atau petani cerdas.

Dikarenakan mayoritas petani di desa masih menjalankan praktik pertanian tradisional. Dia menginginkan kolaborasi untuk membantu masyarakat mengadopsi praktik pertanian yang lebih modern.

Dia berencana untuk menjalin kesepakatan untuk melaksanakan kegiatan ini secara berkala.

"Kalau bisa kegiatan semacam ini tidak hanya dilakukan satu kali, tetapi dapat menjadi kegiatan rutin setiap tahun," ungkap dia.

Ia juga mengajukan ide untuk melakukan konsultasi melalui desa terkait penganggaran kegiatan ini dan menunjukkan keseriusan dalam melibatkan masyarakat, dan menyediakan dukungan yang diperlukan.

"Mungkin kita konsultasi untuk bisa menyiapkan biaya transportasi, biaya makan minum, dan persiapan  selama kegiatan," tuturnya.

Dijelaskan, meskipun kegiatan ini masih baru bagi pihaknya dan dengan kesepakatan yang baik, dapat memiliki perencanaan yang lebih matang dan efektif di masa depan.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut