get app
inews
Aa Read Next : Sulitnya Pengungsi Mencari Perlindungan di Tengah Ancamaan Invasi Israel ke Gaza

Ratusan Warga Nurabelen Diselamatkan dari Ancaman Lahar dan Guguran Awan Panas

Senin, 15 Januari 2024 | 20:45 WIB
header img
Ratusan pengungsi naik kendaraan yang disediakan oleh BRIMOB, SAR, dan Polres Flotim, membawa serta barang-barang pribadi mereka menuju lokasi pengungsian. Foto Joni Nura iNews TV

Flores Timur, NTT, iNewsTTU.id - Tim SAR gabungan, melibatkan BRIMOB Polda NTT, SAR Maumere, dan anggota Polres Flotim, sukses mengevakuasi ratusan warga Nurabelen dari lereng Gunung Api Lewotobi Laki-Laki.

Tindakan cepat ini dilakukan menyusul kenaikan status gunung menjadi awas, mengancam desa dengan jalur lahar dingin dan guguran awan panas.

Evakuasi tersebut dipimpin oleh Doris Alexander Rih, PJ Bupati Flores Timur.

"Sore hari ini, tim gabungan berhasil mengevakuasi ratusan warga Nurabelen yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki. Mereka dipindahkan ke tempat pengungsian di Desa Konga."kata PJ Bupati Flores Timur.

Ratusan pengungsi naik kendaraan yang disediakan oleh BRIMOB, SAR, dan Polres Flotim, membawa serta barang-barang pribadi mereka menuju lokasi pengungsian.

Evakuasi dilakukan dengan hati-hati, mengingat desa tersebut terdampak oleh jalur lahar dingin dan guguran awan panas.

Hingga saat berita ini disusun, Gunung Lewotobi Laki-Laki masih terus mengalami erupsi, dengan guguran awan panas mencapai jarak 1,5 km.

Gemuruh erupsi terus terdengar, dan status gunung tetap berada pada tingkat awas. Masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap potensi bahaya yang masih berlangsung.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut