get app
inews
Aa Read Next : Korprikan Indonesia, Korpri Terapkan Program Digitalisasi Dukung ANRI

Program Korpri Berdampak Positif ke Masyarakat Menteri PAN-RB Beri Apresiasi

Kamis, 30 November 2023 | 12:28 WIB
header img
Perayaan HUT korpri ke- 52, Kamis (30/11/2023). Foto:Istimewa

JAKARTA,iNewsTTU.id-- Upacara HUT Korpri ke-52 di Gelanggang Olahraga Velodrome Rawamangun, Jakarta, Selasa (29/11/2022) pagi, berlangsung meriah namun tetap khidmat. Meriah, karena event hybrid ini dihadiri 1.000 peserta daring melalui Zoom, serta 5.706 viewer dari berbagai penjuru Tanah Air di Youtube Channel Dewan Pengurus Korpri Nasional.

Pagi itu, masih ada sekira 3.000-an ASN yang rata-rata mengenakan batik Korpri menuju Gelora Velodrome di Rawamangun, Jakarta. Mereka berasal dari semua kantor kementerian/lembaga di seantero Jabodetabek.

Hadir pula Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, perwakilan kementerian/lembaga, Pemprov DKI dan sejumlah mitra Korpri.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas yang mewakili Presiden RI Joko Widodo menitipkan pesan, bahwa Presiden Jokowi senang dengan program kerja yang berhasil diwujudkan Korpri.

"Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas seluruh kerja keras ASN anggota Korpri termasuk keberhasilan melewati pandemi Covid-19 dengan baik sehingga dipuji dunia internasional. Juga program terobosan reformasi struktural yang telah berdampak positif," kata Menteri Abdullah Azwar Anas.

Presiden pun, kata Menteri Azwar Anas, mengharapkan seiring dengan fasilitas kantor yang secara bertahap semakin bagus, bahkan seperti hotel bintang 5, maka pelayanan publik sudah harus seperti pelayanan hotel berbintang. "Hal ini sebagian sudah terwujud dengan pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) dan MPP Digital."

Terkait single salary, MenPAN-RB menjelaskan, konsepnya telah disempurnakan menjadi "total reward" atau konsep kesejahteraan yang tidak hanya mengatur terkait gaji, tapi juga bonus yang dikaitkan dengan kinerja organisasi dan kinerja individu. 

"Saat ini reward atas kinerja individu jauh lebih tinggi ketimbang kinerja organisasi."

Bagaimana dengan kesejahteraan ASN? Ternyata, menurut Menpan, angka rata-rata anggaran pendapatan ASN di seluruh provinsi lebih tinggi dibandingkan dengan pendapatan per kapita.

Dalam HUT Korpri ke-52 ini, MenPANRB Azwar Anas berkenan memberikan Korpri Award kategori Lifetime Achievement kepada I Gusti Ayu Bintang Darmawati atau lebih dikenal Bintang Puspayoga, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.  

Selain itu, Korpri Award 2023 diberikan kepada Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin, dan Ketua Ombudsman Muhammad Najih. 

Hari ini pula diserahkan penghargaan Rekor MURI untuk penyelenggaraan 'Donor Darah ASN Terbanyak' diterima oleh Ketua Pelaksana HUT ke-52 Korpri, Noor Sidharta. 

Sementara Rekor MURI kategori 'Turnamen e-Sport ASN dengan jumlah peserta terbanyak' diterima oleh Ketua Departemen Pengembangan ASN Milenial DPKN Sulistyo.

Dalam sambutan laporannya, Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Prof. Zudan Arif Fakrulloh berharap Korpri semakin bermanfaat untuk masyarakat, dan makin dirasakan dampaknya oleh seluruh warga negara Indonesia.

Zudan memberi contoh konkret, program digitalisasi birokrasi yang diwujudkan bersama Kementerian PANRB, BSSN dan Arsip Nasional turut mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. 

"Saat ini sebanyak 34 kementerian/lembaga, 34 provinsi dan 412 kabupaten/kota sudah bergerak ke arah digitalisasi dengan menerapkan tanda tangan elektronik (TTE) atau digital signature," demikian Zudan.Arif Fakrulloh.

Editor : Sefnat Besie

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut