get app
inews
Aa Read Next : Warga Serahkan Senjata Flintlock Milik Eks Pejuang Timor-Timur ke Komandan Satgas Sektor Barat

Pelatihan Kelompok Tani dan Peternak di Desa Fatutasu

Jum'at, 10 November 2023 | 10:30 WIB
header img
Umbu Joka ( paling kanan) saat memberikan pelatihan bagi masyarakat Desa Fatutasu, Kabupaten TTU. Foto : Ist

KEFAMENANU,iNewsTTU.id- Desa Fatutasu yang terletak  di Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, menyimpan potensi sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan pakan ternak unggas (ayam petelur) berbasis limbah pertanian ataupun limbah dapur berupa sisa sayur-sayuran.

Kepada iNews.id Jumat ( 10/11/2023) Umbu Joka salah satu pemateri pelatihan mengatakan Pemanfaatan limbah rumah tangga dan usaha tani dapat membantu mencukupi kebutuhan petani-peternak terkait pakan ternak. Pengembangan  usaha ayam petelur tersebut harus didukung dengan pengembangan industri pakan melalui  optimalisasi  pemanfaatan  sumber-sumber bahan  baku  lokal  spesifik  lokasi  dan  berorientasi  pada  pola  integrasi  tanaman-ternak.

" Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan dan  informasi  kepada  mitra  dan  masyarakat  tentang pemanfaatan  limbah  dapur dan limbah pertanian  untuk diolah  menjadi  pakan  ternak sehingga  petani mitra  dapat  tercukupi  kebutuhan  akan pakan ternak dan nilai tambah lainnya adalah masyarakat dapat  menjadi  produsen pakan yang bernilai jual sehingga menghasilkan keuntungan untuk masyarakat," Ujarnya.

Tujuan pengabdian ini adalah secara  umum meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani-peternak di Desa Fatutasu dalam mengelola limbah pertanian yang dapat dimanfaatkan menjadi pakan ayam petelur.

Dengan pelatihan ini diharapakan dapat memberikan manfaat seperti petani wtaubpeternak mampu mengembangkan integrasi pertanian dan peternakan yang ramah dan berkelanjutan di Desa Fatutasu,  Mampu memberdayakan anggota kelompok tani UNUM dalam aspek teknis dan managerial.(*)

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut