get app
inews
Aa Read Next : Resmi WNI Maarten Paes bisa Perkuat Indonesia Lawan Irak dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia

BRI dan Pegadaian Bersinergi dengan Industri Kopi di Trade Expo Indonesia

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 12:30 WIB
header img
BRI dan Pegadaian berkolaborasi dengan AKSI-SCAI dan PMO Kopi Nusantara dari Kementerian BUMN di ajang Trade Expo Indonesia pada 18-22 Oktober 2022. (Foto: dok BRI)


Jakarta, iNewsTTU.id- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dan Pegadaian fokus pada pemberdayaan sektor UMKM, dengan kolaborasi yang diperluas bersama Specialty Coffee Association of Indonesia (AKSI-SCAI) dan PMO Kopi Nusantara dari Kementerian BUMN dalam Trade Expo Indonesia.

Acara yang diadakan oleh Kementerian Perdagangan pada 18-22 Oktober 2023 di ICE BSD Tangerang, Banten, bertujuan untuk menggalakkan industri kopi dan kafe di Indonesia melalui Paviliun Aksi Kopi Indonesia.

Paviliun AKSI KOPI INDONESIA menjadi wadah yang memperlihatkan kepada masyarakat seluruh proses pasca panen kopi yang berlanjut hingga tahap retail.

Di sini juga diadakan kompetisi kopi profesional, liga IBrC (Indonesia Brewers Cup Championship) terakhir pada tahun 2023, dengan partisipasi berbagai pelaku sektor kopi yang termasuk petani kopi, pengolah kopi, penggoreng kopi, penyedia kopi lokal dan internasional, ritel kopi, dan kedai kopi dari berbagai kota yang merupakan anggota aktif AKSI SCAI.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI, Amam Sukriyanto, mengungkapkan bahwa BRI Group menyambut baik kerjasama antara pelaku industri kopi Indonesia dalam acara ini.

Hal ini diharapkan dapat membantu mengangkat citra kopi Indonesia ke pasar global serta memotivasi para petani kopi Indonesia untuk meningkatkan kapasitas mereka yang berdampak pada peningkatan produksi kopi dan kesejahteraan mereka.

Tak hanya itu, Trade Expo Indonesia juga bertujuan untuk memperluas pasar ekspor kopi, terutama bagi pelaku bisnis perkopian di Indonesia. Selain kopi, di Paviliun Kopi Indonesia juga tersedia mesin kopi, mesin sangrai, sirup, dan bubuk perasa produk lokal Indonesia.

Pengunjung Paviliun AKSI KOPI Indonesia dapat menikmati berbagai promo menarik, seperti diskon 10 persen untuk pengguna kartu debit, kartu kredit BRI, dan pembayaran QRIS melalui BRImo.

Paviliun ini menjadi ajang yang mempertemukan pelaku usaha bidang kopi dari segala aspek, dari hulu hingga hilir, dengan pembeli dari luar negeri. Daryanto Witarsa, Ketua Umum AKSI SCAI, menekankan bahwa kolaborasi dengan BRI dan Pegadaian mempermudah sistem pembayaran dengan EDC BRI, memungkinkan penjual dan pembeli untuk melakukan pembayaran secara cepat meskipun menggunakan mata uang yang berbeda.

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut