get app
inews
Aa Read Next : Begini Respon Kolonel Cpl Simon Petrus Kamlasi Jawab Kelurahan Warga Oebaki TTS soal Air Bersih

YBKM Kembali Bantu Pasien Anak Sembuh dari Penyakitnya

Selasa, 24 Oktober 2023 | 20:28 WIB
header img
Ketua YBKM, Erna Manafe ( kedua dari kiri) bersama relawan saat mengantar anak Jufen Bulla ke rumahnya di Kie, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Foto : Ist

SOE,iNewsTTU.id- Kabar bahagia kembali datang dari Yayasan Berbagi Kasih Mulia ( YBKM) Kabupaten Timor Tengah Selatan, yakni anak Jufen Bulla asal Kecamatan Ki'e, Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan diagnosa Spina Bifida dan Hernia dinyatakan sembuh oleh dokter.

Ketua YBKM Erna Manafe, kepada iNews.id Selasa (24/10/2023) mengatakan awal mula pasien ini dirujuk dari Puskesmas Ki'e lewat bantuan salah seorang tenaga kesehatan dan karena tidak ada BPJS, akhirnya YBKM  membawa pasien ke rumah singgah Ruang Berbagi Kasih sekaligus kami team relawan membantu urusan BPJS Mandirinya.

" Jufen dibawa ke Kupang sejak Januari 2023. Setelah BPJS nya aktif, pasien dibantu mengurus rujukan dari Faskes satu oleh team relawan Divisi Pendampingan Pasien YBKM dan dirujuk ke RSU Siloam Kupang. Namun karena kondisi diagnosa pasien sangat memprihatinkan dan tidak bisa penanganan di Kupang akhirnya Jufen dirujuk ke RSUP Sanglah Denpasar sejak Februari 2023.
Sejak Februari Jufen dirujuk ke Denpasar dan tinggal di rumah singgah Ruang Berbagi Kasih dan didampingi oleh relawan Pendamping Pasien  YBKM yang ada di Denpasar," Ujar Erna.

" Selama berjuang di Denpasar, Jufen dioperasi tiga kali yakni satu kali operasi Spina Bifida dan dua kali operasi Hernia. Setelah operasi Spina Bifida dan Hernianya kami mencoba merujuk Jufen ke Rs Siloam Denpasar untuk pemeriksaan kaki pengkornya. Namun dari hasil CT scan, penanganan kaki Jufen tidak bisa karena memang anak dengan riwayat Spina Bifida pasti sarafnya terganggu. Akhirnya Jufen di rujuk balik ke RS Siloam Kupang," tambah Erna.

Jufen akhirnya dinyatakan sembuh setelah hampir 10 bulan lamanya berjuang dalam pengobatan medisnya. Ibunya pantang menyerah dan selalu bicara bahwa apapun yang terjadi, ia mempercayakannya kepada tim YBKM dalam hal pendampingan dan juga pembiayaan,penginapan,transportasi, serta konsumsi dan kebutuhan lainnya di tanggung oleh pihak Yayasan Berbagi Kasih Mulia.

" Pada hari Sabtu 21 Oktober 2023 lalu, tim YBKM mengantarkan Jufen ke Rumahnya dan disambut ramah oleh pihak keluarga, Terima kasih semuanya yang sudah mendukung dan mendoakan pelayanan kami selama ini untuk kesembuhan banyak orang.
Kiranya Tuhan memberkati kita semua," Tutup Erna.(*)

Editor : Sefnat Besie

Follow Berita iNews Ttu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut